Drive My Car (Sumber gambar: Drive My Car Official Instagram)

Jadi Film Jepang Kedua yang Menang Oscar 2022, Berikut Fakta Menarik Drive My Car

29 March 2022   |   12:20 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film Drive My Car garapan sutradara Ryusuke Hamaguchi memenangkan Best International Feature di ajang Academy Awards ke-94 atau Piala Oscar 2022. Drive My Car menjadi film kedua dari Jepang yang berhasil meraih Piala Oscar untuk kategori tersebut setelah film Departures pada 2008.

Drive My Car berhasil mengalahkan empat film lainnya dari berbagai negara yakni Flee (Denmark), The Hand of God (Italia), Lunana: A Yak in the Classroom (Bhutan) dan The Worst Person in the World (Norwegia).
 

Diadaptasi dari kumpulan cerita pendek Men Without Women (2014) karya Haruki Murakami, Drive My Car berkisah tentang Yosuke Kafuku, seorang aktor dan sutradara teater yang baru saja ditinggalkan istrinya. 

Yosuke menerima tawaran untuk menangani produksi Uncle Vanya di Hiroshima. Untuk menjamin keselamatannya, pihak dari Hiroshima memberikannya sebuah mobil sekaligus seorang sopir perempuan bernama Misaki Watari.

Di tengah proses penggarapan Uncle Vanya, Yosuke menemukan konflik dengan seorang aktor bernama Koshi Takatsuki, yang ternyata merupakan selingkungan dari istrinya. Dengan bantuan Misaki, dia pun mencoba untuk menguak misteri yang ditinggalkan oleh sang istri.

(Baca juga: Angkat Kisah Perjuangan Keluarga Tunarungu, CODA Menangkan Best Picture Oscar 2022)

Bicara soal film garapannya, Ryusuke Hamaguchi mengatakan bahwa fiksi adalah satu-satunya jenis kebohongan yang diizinkan orang-orang untuk eksis, dan itu hanya diperbolehkan ada karena ada akhir yang jelas untuk itu.

“Tetapi dalam waktu singkat sebelum akhir itu datang, orang-orang diizinkan untuk mengekspresikan sesuatu yang nyata tentang diri mereka sendiri,” katanya dikutip dari IndieWire, Selasa (29/3/2022).

Terkait durasi Drive My Car yang hampir tiga jam, Hamaguchi mengatakan membutuhkan waktu yang panjang untuk membiarkan para karakternya berbicara sehingga penonton ikut mengenal mereka.

“Tidak ada yang mengira akan membuat film berdurasi tiga atau lima jam. Tetapi ketika saya siap, saya katakan tolong tonton saja hasil edit yang saya buat dan kemudian kita bisa berdiskusi,” imbuhnya.

Drive My Car pertama kali ditayangkan di Festival Film Cannes 2021 dan memenangkan kategori Best Screenplay untuk Hamaguchi Ryusuke dan Takamasa Oe. Mereka menjadi orang Jepang pertama yang memenangkan penghargaan tersebut.

Selain itu, film Drive My Car juga memenangkan kategori Best Foreign Language Film Category di ajang Golden Globe Awards ke-79, Critics Choice Awards dan BAFTA. Adapun, di ajang Piala Oscar 2022 sendiri film ini mendapatkan empat nominasi yakni Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay dan Best International Feature Film.

 

SEBELUMNYA

Munggahan atau Punggahan, Tradisi Masyarakat Indonesia untuk Sambut Ramadan

BERIKUTNYA

Akui Salah, Will Smith Minta Maaf Usai Tampar Chris Rock di Oscar 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: