Samsung Galaxy A12 (Sumber gambar: Unsplash/Anh Nhat)

Bukan iPhone, Ternyata Ini Smartphone Paling Banyak dikirim Sepanjang 2021 

25 March 2022   |   17:12 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Genhype tahu? Ada lebih dari 1 miliar ponsel pintar (smartphone) yang dikirimkan oleh berbagai vendor di seluruh dunia sepanjang tahun lalu. Dari jumlah fantastis tersebut, kira-kira merek dan model apa ya yang paling banyak dikirimkan? 

Laporan dari firma riset Omdia merunut sepuluh smartphone yang paling banyak dikapalkan (shipped) pada tahun lalu. Ternyata perangkat itu bukanlah produk dari perusahaan Apple tapi berasal dari raksasa asal Korea Selatan Samsung. 

Omdia mencatat bahwa Samsung Galaxy A12 menduduki posisi puncak daftar sepuluh ponsel tersebut. Smartphone ini mengalahkan produk-produk Apple yang mendominasi. Secara total ada 51,8 juta unit ponsel yang dikirimkan dari model tersebut sepanjang 2021. 

Galaxy A12, berdasarkan laporan tersebut, juga menjadi model pertama Samsung yang telah melampaui pengiriman hingga 50 juta unit dalam setahun. Samsung memang diketahui memiliki fokus luas untuk ponsel di berbagai kelas dengan seri A di kategori entry dan mid hingga seri S untuk kategori premium. 

Sementara itu, posisi selanjutnya yakni kedua hingga keempat secara berurutan diisi oleh produk Apple. Mereka adalah iPhone 12 dengan 41,7 juta pengiriman, iPhone 13 dengan 34,9 juta unit, dan iPhone 11 dengan 33,6 juta unit. 

Secara tidak langsung, hal ini juga menunjukkan bahwa iPhone versi reguler merupakan varian yang paling banyak diproduksi dan diminati oleh para penggemar. Kendati, varian Pro dan Pro Max perusahan juga masuk dalam daftar ponsel dengan pengiriman terbesar ini. 

Sementara itu, Xiaomi sebagai salah satu pemain besar di industri ponsel juga menancapkan satu produknya dalam daftar. Perangkat itu adalah Redmi 9A yang menempati posisi kelima dengan total pengiriman sebanyak 26,8 juta unit pada 2021. 

Secara keseluruhan, Omdia mencatat bahwa Apple memasukkan tujuh dari sepuluh model di daftar ponsel pengiriman paling banyak itu. Dua diisi oleh Samsung dan satu produk dari Xiaomi. Posisi ini menempatkan Apple sebagai perusahaan yang agresif. 

“Dominasi Apple di pasar premium semakin kuat, seiring dengan meningkatkan permintaan konsumen terhadap ponsel premium dan meredanya situasi pandemi,” tulis Omdia. 

Berikut ini adalah 10 model ponsel pintar yang paling banyak dikirimkan sepanjang 2021 : (merek : jumlah pengiriman) 
  1. Galaxy A12 : 51,8 juta unit 
  2. iPhone 12 : 41,7 juta unit 
  3. iPhone 13 : 34,9 juta unit 
  4. iPhone 11 : 33,6 juta unit 
  5. Redmi 9A : 26,8 juta unit 
  6. iPhone 12 Pro Max : 26,1 juta unit 
  7. iPhone 13 Pro Max : 24,1 juta unit 
  8. iPhone 12 Pro : 21,2 juta unit 
  9. iPhone 13 Pro : 19,4 juta unit 
  10. Galaxy A02 : 18,3 juta unit 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

7 Cara Memilih Karpet yang Aman untuk Anak, Kalian Para Ortu Wajib Tahu Nih

BERIKUTNYA

Nintendo Switch Hadirkan Fitur Folder, Begini Cara Buatnya 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: