(Sumber Gambar: Festival Jajanan Bangon Mandalika 2022)

Enggak Perlu Bingung Cari Makan, Puluhan Kuliner Legendaris Ini Siap Ramaikan MotoGP Mandalika

14 March 2022   |   09:03 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Puluhan kuliner otentik yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia bakal memanjakan selera seluruh pengunjung yang menghadiri acara bergengsi kebanggaan negara, MotoGP Mandalika 2022. Akan ada enam penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia, serta 27 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor.

Salah satu penjaja kuliner legendaris yang akan hadir di FJB Mandalika 2022 adalah Ratna Dwikora, pendiri Mie Aceh Seulawah. Ratna mengatakan sejak 1996, kunci kelezatan hidangannya terletak pada penggunaan mie bertekstur tebal yang diolah sendiri, dan 24 jenis rempah yang didatangkan langsung dari Aceh.

"Setelah menjadi anggota keluarga besar FJB sejak 2006 silam, kami bangga dapat menjadi bagian dari FJB Mandalika 2022 yang bersejarah ini. Untuk itu, kami akan senantiasa menjaga kualitas hidangan sepanjang acara agar dapat menyajikan hanya yang terbaik bagi para pecinta kuliner,” tuturnya.

Antusiasme yang sama datang dari H. Sofian Maulani, pemilik Rumah Makan Taliwang Irama generasi ketiga yang sudah sangat terkenal di antara para pecinta kuliner lokal maupun wisatawan mancanegara.

“Berawal dari kios sederhana, usaha rumah makan ini terus kami kembangkan sejak 1973 hingga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner terfavorit di Lombok. Sebagai warga lokal yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Moto GP Mandalika 2002, kami sangat senang bisa ikut menjamu para pengunjung dengan keotentikan hidangan kami di FJB Mandalika 2022," ujarnya. 

Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, berbagai kuliner khas nusantara tersebut hadir dalam Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 Mandalika yang akan digelar 18 – 20 Maret 2022 mendatang.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI berharap kekayaan dan keanekaragaman kuliner nusantara, terutama yang nanti akan ditampilkan di Festival Jajanan Bango akan meningkatkan kepuasan penonton Moto GP Mandalika.

"Karena kita menjadi pusat perhatian dunia, dimana 400 juta pasang mata akan melihat Moto GP, maka acara ini akan menunjukkan kearifan lokal kita dan juga aneka bumbu yang kita miliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’ ujarnya.

Selain membawa kelezatan legendaris kuliner Indonesia, FJB Mandalika 2022 juga di haarap mampu membantu para penjaja kuliner – khususnya kuliner lokal dari NTB – untuk semakin dikenal luas, baik di dalam negeri maupun ke kancah dunia.

Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mengatakan kolaborasi yang terjalin antara Kemenparekraf/Baparekraf RI dan Bango di Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 menjadi komitmen pemerintah untuk bersama-sama memajukan kuliner Indonesia.

"Harapan kami, ini dapat menjadi langkah untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak hanya di nasional tetapi juga dunia," ujarnya.

Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, Tbk. mengatakan bahwa Bango telah secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia melalui berbagai program dan aktivitas, salah satunya melalui FJB yang kami gelar sejak 2005.

"Kebanggaan terhadap kekayaan ragam cita rasa kuliner nusantara pun begitu terasa dari puluhan ribu pencinta kuliner yang selalu memadati FJB di tahun-tahun sebelumnya," ucapnya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Ini Tren Hunian yang Diminati Milenial pada 2022

BERIKUTNYA

Hijoo Salad Bar, Tawarkan Salad Nikmat dengan Keju Crispy dan Level Pedas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: