Lukisan Mona Lisa tetap menjadi daya tarik tersendiri. (sumber gambar: Tangkapan Layar Laman Christie)

Balai Lelang Christie Akan Lelang Lukisan Mona Lisa Hekking

08 June 2021   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Siapa tidak kenal dengan lukisan Mona Lisa? Lukisan karya Leonardo da Vinci itu merupakan lukisan yang sangat fenomenal hingga saat ini. Berada di Museum Louvre, Prancis, karya ini menjadi daya tarik bagi seluruh pecinta seni di dunia.

Namun, tahukah Genhype bahwa lukisan Mona Lisa juga memiliki replikanya lho, dan dalam waktu dekat akan dilelang di balai lelang Christie. Lukisan itu bernama Hekking’s Mona Lisa, replika awal Mona Lisa yang terkenal dalam interpretasi indah.

Nama Hekking’s Mona Lisa atau Mona Lisa Hekking diberikan sesuai dengan pemiliknya pada sekitar 1950, yakni Raymond Hekking (1866-1977), yang mendapatkannya dari pedagang barang antik di sebuah desa kecil di daerah Nice.

Karya ini dan sejarahnya menggambarkan daya tarik yang selalu dimiliki Mona Lisa dan auora Leonardo da Vinci. Karya seni spektakuler dengan sejarah dan kualitas eksekusi yang luar biasa ini diperkirakan mencapai €200.000-€300.000.

Pierre Etienne, International Director of Old Master Paintings, berkata seni menantang, mempesona, dan terkadang mengobsesi.  

“Mona Lisa Hekking yang dengan senang hati kami persembahkan menyandang nama pemilik dan penemunya, Tuan Raymond Hekking (1886 - 1977). Dia adalah ilustrasi sempurna dari daya tarik yang selalu diilhami Mona Lisa dan yang semakin banyak dia berikan,” katanya.

“Dia [lukisan Mona Lisa] adalah impian seorang pria dengan passion seni. Dia adalah idealnya. Raymond Hekking adalah pembela setianya di antara sejarawan seni dan media dunia pada 1960-an. Dia akan menjadi Muse-nya, dia akan menjadi penyairnya,” tambahnya.

Raymond Hekking memesona media dunia dengan mencoba meragukan keaslian dokumen asli, pada panel, yang disimpan di Museum Louvre demi karyanya.

Raymond Hekking kemudian mencurahkan energinya untuk mempertahankan versinya, menjadi komunikator yang tak tertandingi, mengundang pers, televisi, dan semua media dari seluruh dunia ke desanya di Nice.

Dia bahkan tidak segan-segan menantang Louvre untuk membuktikan keaslian versi Mona Lisa yang ada.

Balai lelang Christie akan melelang karya Mona Lisa Hekking secara daring dari 11 sampai dengan 18 Juni 2021.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Louis Vuitton Dikritik Karena Desain Scarf yang Menyerupai Keffiyeh

BERIKUTNYA

Supreme Tampilkan Koleksi Terbaru dengan Sentuhan Perancang Emilio Pucci

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: