Makanan yang tepat dapat membuat kulit sehat- Larissa Deruzzi (Pexels)

5 Makanan Ini Baik untuk Kesehatan Kulit Kamu Lho

09 June 2021   |   17:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki kulit mulus dan sehat bisa dibilang merupakan impian hampir semua orang. Tak heran, banyak orang yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perawatan. 

Nyatanya, mencukupi kebutuhan nutrisi harian merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit mulus dan sehat. Sebab, di dalam makanan yang kamu konsumsi terkandung berbagai nutrisi, seperti protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit.

Melansir dari Healthline, berikut ini merupakan 7 makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kulit yang sehat.

1. Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan herring adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Mereka kaya akan sumber asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Asam lemak omega-3 juga diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap tebal, kenyal, dan lembab. Faktanya, kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu, ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit.

2. Alpukat
Buah satu ini kaya akan lemak sehat yang bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh termasuk kesehatan kulit. Mendapatkan cukup lemak ini juga sangat penting untuk membantu menjaga kulit tetap fleksibel dan lembab.

Penelitian juga menemukan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin E yang baik yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

3. Kacang Kenari
Kacang kenari adalah salah satu sumber asam lemak esensial yang baik, lemak yang tidak bisa dibuat oleh tubuh manusia dan sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan rasio asam lemak yang baik dalam kenari juga dapat membantu melawan respon peradangan potensial terhadap omega-6 yang berlebihan.

Selain itu, kandungan seng dalam kenari juga baik untuk membantu penyembuhan luka dan mencegah bakteri dan peradangan.

4. Ubi jalar
Ubi jalar adalah sumber beta karoten yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kulit yang bertindak sebagai tabir surya alami untuk kulit.

Ketika dikonsumsi, kandungan antioksidan pada ubi jalar akan membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari sehingga kulit tercegah dari terbakar sinar matahari, kematian sel dan kulit kering dan berkerut.

5. Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan kulit, termasuk seng, vitamin A, dan vitamin C. Brokoli juga mengandung lutein yang membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. 

Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Perhatikan 4 Strategi Ampuh Siapkan Dana Haji

BERIKUTNYA

3 Tips Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: