pencadangan ke NAS

Beragam Pilihan Mencadangkan Data di Komputer Pribadi

26 February 2022   |   15:47 WIB

Ada kemungkinan data di komputer pribadi rusak atau hilang yang disebabkan oleh terhapus tidak sengaja, kerusakan perangkat, sampai karena serangan malware (virus, trojan, dan kawan-kawannya).  Itulah pentingnya kita melakukan backup atau pencadangan data.

Seberapa penting data yang tersimpan di komputer pribadi Anda? Anda mungkin sebelumnya sudah pernah mendengar tentang pencadangan data, tetapi cukup banyak orang yang baru benar-benar merasakan kebutuhan untuk backup ketika kehilangan data.

Bila Anda sudah cukup lama menggunakan komputer, kehilangan data mungkin sudah tidak asing lagi. Agar kita terhindar dari bencana kehilangan data ini, sebaiknya Anda merumuskan strategi pencadangan data yang paling cocok untuk kebutuhan.

Anda mungkin sebenarnya sudah melakukan pencadangan data. Data penting seperti dokumen pekerjaan dan foto-foto keluarga mungkin sudah tersimpan di luar komputer pribadi, misalnya di perangkat penyimpanan portabel atau penyimpanan daring (online storage). 

Namun bila pencadangan data ini tidak dilakukan secara sistematis, bisa jadi Anda akan tetap kehilangan data yang tidak dapat dipulihkan. Secara umum, strategi backup terbaik adalah yang berjalan secara otomatis dan terus-menerus. Namun ada kalanya Anda mungkin tidak bisa melakukan hal ini, karena keterbatasan perangkat atau dana.


Penyimpan Eksternal

Perangkat penyimpanan eksternal seperti flash disk dan cakram keras portabel kadang-kadang digunakan sebagai perangkat backup. Kita bisa melakukan pencadangan data secara manual, yaitu dengan menyalin data dari komputer ke perangkat penyimpanan eksternal. Namun akan lebih baik bila kita menggunakan bantuan perangkat lunak.

Windows mendukung pencadangan data ke perangkat penyimpanan eksternal secara otomatis. Pada Windows 7, fitur ini disebut sebagai Backup and Restore. Pada Windows 10 dan 11, Anda bisa menemukannya pada menu File History. Bila terjadi masalah yang menghapus data di komputer Windows, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memulihkan kembali data tersebut.

Pada komputer Mac, Anda bisa menggunakan fitur Time Machine untuk mencadangkan data ke perangkat penyimpanan eksternal.

Meskipun fitur File History dan Time Machine sangat membantu, Anda tetap harus ingat untuk melakukan pencadangan data secara berkala (misalnya tiap pekan). 

Fitur pencadangan pada Time Machine misalnya dapat dilakukan secara berkala dan secara otomatis. Namun sering terjadi Anda tidak bisa memasang perangkat penyimpanan eksternal ini setiap saat ke komputer Anda, misalnya dalam kasus komputer jinjing.


Solusi NAS

Solusi lain yang lebih mudah tetapi lebih mahal adalah menggunakan NAS (Network Attached Storage). NAS adalah perangkat penyimpanan data yang terhubung ke jaringan lokal (termasuk jaringan rumahan).

Fungsi NAS beragam, dan salah satunya adalah untuk menyimpan data back up dari komputer pribadi.  NAS banyak ditemukan pada lingkungan kantoran. Namun beberapa perusahaan seperti Seagate, QNAP, Synology dan lain-lainnya juga menyediakan NAS untuk pengguna rumahan.

Fitur back up pada Windows dan macOS dapat memanfaatkan perangkat NAS sebagai sasaran (target). Aplikasi yang disediakan oleh vendor NAS kebanyakan juga menyediakan fitur pencadangan data setiap saat (real time).

 

Backup ke layanan daring Backblaze

Backup ke layanan daring Backblaze


Data Daring

Komputer pribadi Windows maupun Mac pada saat ini sudah dilengkapi dengan layanan penyimpanan daring (OneDrive dan iCloud).  Anda juga bisa memilih layanan lain seperti Google Drive atau Dropbox. Ini merupakan alternatif lain yang bisa digunakan untuk pencadangan data.

Layanan daring seperti ini lebih aman dari ancaman kehilangan data karena bencana seperti kebakaran atau banjir. Bila Anda menyimpan data di perangkat eksternal atau NAS, ada kemungkinan data cadangan juga ikut rusak bila perangkat tersebut berada di lokasi yang sama dengan komputer pribadi Anda.

Ini tentunya akan tidak akan terjadi bila data tersebut tersimpan ratusan kilometer jauhnya, seperti pada kasus pencadangan data daring.

Meskipun bisa digunakan untuk  pencadangan data, OneDrive, iCloud, dan layanan sejenis sebenarnya tidak terlalu cocok untuk keperluan ini. Layanan penyimpanan daring ini misalnya memiliki kapasitas  terbatas, dan lebih rentan terhadap serangan ransomware.

Layanan seperti BackBlaze atau Carbonite menyediakan pencadangan data daring dengan kapasitas tidak terbatas. Namun harganya juga relatif lebih mahal.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Aman Berinternet dengan Windows Defender

BERIKUTNYA

Ada Aroma Cupcake di Lip Cream Edisi Ulang Tahun Produk Favorit Maybelline

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: