Aplikasi TikTok (Sumber gambar: Unsplash/Spoken Feyissa)

Snapchat & Facebook Sebut TikTok Adalah Masa Depan Media Sosial

06 February 2022   |   12:44 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

TikTok telah menjadi media sosial yang sangat populer dalam beberapa waktu terakhir. Format konten yang disajikan media sosial asal negara China ini diyakini merupakan masa depan media sosial. Hal ini telah diakui oleh ‘kompetitor’ yakni Snapchat dan Facebook. 

Melalui sambutannya pada presentasi laporan pendapatan kuartal belum lama ini, CEO Snap, Evan Spiegel, mengatakan bahwa saat ini lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk menonton Stories dari pengguna lain di dalam aplikasi. 

Justru, pengguna Snapchat kini makin berbondong-bondong untuk menonton video di Spotlight, yang merupakan fitur dari aplikasi mirip TikTok dengan format video pendek vertikal. Menurutnya, ini merupakan masa depan dari media sosial. 

“Ini adalah kelanjutan dari tren yang telah kami amati selama pandemi … kami akan fokus pada inovasi dan penawaran konten yang lebih beragam untuk melayani komunitas dengan lebih baik,” ujarnya. 

Sejauh ini, belum ada rincian lebih lanjut mengenai perubahan pada konten dalam aplikasi Snapchat. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa media sosial itu akan terlihat mirip dengan TikTok melalui sejumlah fitur seperti Discover dan lain-lain. 

Pasalnya, Spiegel menyebut bahwa para pengembang Spotlight telah memiliki cara untuk mendukung visi perusahaan menjadi platform di mana pengguna dapat menemukan kreator, topik, dan komunitas baru dengan cara yang lebih mudah. 

Sebelumnya, CEO Meta - induk dari Facebook - Mark Zuckerberg juga secara terang-terangan menyatakan bahwa TikTok merupakan pesaing tangguh yang ada di industri media sosial saat ini. Bersinggungan langsung dengan Facebook dan Instagram. 

“Orang-orang memiliki banyak pilihan tentang bagaimana mereka ingin menghabiskan waktu mereka, dan aplikasi seperti TikTok berkembang sangat cepat,” katanya. 

Sebagaimana diketahui, Instagram telah terlebih dahulu memiliki fitur video pendek berupa Stories yang belum lama ini juga mendapat perubahan dengan adanya penambahan fitur untuk menghasilkan konten yang mirip TikTok. Begitu juga dengan Facebook yang memiliki fitur Stories-nya sendiri. 

Berdasarkan laporan terbaru dari Data Reportal dan Kepios Analysis, jumlah pengguna beberapa platform sosial media pada 2022 adalah sebagai berikut: Facebook dengan 2,91 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram dengan 1,47 miliar, dan TikTok dengan 1 miliar pengguna. 


Editor: Gita

SEBELUMNYA

iHeartRadio Music Awards 2022 Umumkan Nominasi, Ada Adele, Lil Nas X, Billie Eilish & BTS

BERIKUTNYA

Dari YouTube, Atta Halilintar Terjun ke Layar Lebar lewat Film Ashiap Man

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: