Ilustrasi terapi tulang punggung (dok. Pexels)

7 Langkah Sederhana Redakan Nyeri Tulang Belakang Bawah

20 January 2022   |   18:35 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Nyeri tulang belakang bawah atau low back pain (LBP) sangat mengganggu aktivitas kita saat bekerja. Biasanya hal ini disebabkan oleh tekanan pada dan cidera pada otot, hingga kelengkungan tulang belakang yang tidak normal seperti skoliosis.

Kondisi ini bisa berlangsung seharian hingga berminggu-minggu loh. Sebagai solusi awal, berikut beberapa langkah untuk untuk mengatasi rasa sakit di tulang belakang bawah (LBP) sesuai rekomendasi dari laman RS dr. Soedjono :

1. Kompres
Pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengompres bagian yang nyeri dengan air hangat. Langkah ini dilakukan untuk meredakan saraf dan otot yang menegang. 

Kompres selama 20 menit dalam 1 sampai 2 hari. Lama memang, karena tahap ini merupakan tahap peradangan awal yang butuh diberikan penanganan sederhana.
 

Ilustrasi tidur/Freepik

Ilustrasi tidur/Freepik


2. Pilih posisi tidur yang tepat
Atur posisi tidur kamu senyaman mungkin dengan tempatkan punggung pada posisi tegak dan lurus. Usahakan leher, punggung, dan tulang ekor bawah sejajar. Hindari menggunakan bantal atau penyangga kepala terlebih dahulu.

3. Minum obat pereda rasa nyeri 
Apabila rasa sakit tidak tertahankan, coba minum obat pereda nyeri yang dijual di apotek ya. Obat jenis ini memang diperlukan untuk menghilangkan nyeri saraf pada tubuh. Tapi ingat, obat ini tidak bisa Anda gunakan terus menerus. 

4. Jangan duduk dalam waktu lama
Tubuh, saraf, dan otot belakang memerlukan peregangan ketika mereka meradang. Bangun dan regangkan badan kamu setiap 20 menit sekali. Jangan lupa regangkan kaki dan bagian tangan juga ya.

5.  Jangan salah posisi duduk
Apabila pekerjaan kamu mengharuskan untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu yang lama, pastikan kursi kamu memiliki sandaran yang lurus, sesuaikan dengan sandaran lengan juga agar nyaman. Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh setiap 20 menit sekali.

6. Jangan makan terlalu banyak 
Mengapa? Makan terlalu banyak bisa membuat low back pain makin parah. Tubuh yang kian meningkat bobotnya, dapat memberikan kontribusi untuk gejala yang berhubungan dengan tulang belakang, seperti osteoporosis, osteoarthritis, reumatik, dan stenosis tulang belakang.

7. Jangan mengangkat barang berat 
Nyeri tulang belakang bawah bisa disebabkan gaya, daya, dan posisi yang salah saat kamu mengangkat barang berat. Sangat tidak dianjurkan untuk mengangkat barang terlalu berat ketika kamu mengalami kondisi ini. 

Jika terpaksa, lakukan dengan posisi angkat dari jarak yang dekat, posisikan siku menekuk, dan tekuk lutut. Angkat barang dari kaki dan naik ke otot perut. Saat benda telah berada di dekapan, jangan sekali-kali memutar-mutar.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Tiga Kandungan Alami Bikin Kulit Sehat dan Glowing

BERIKUTNYA

Gandeng Tangan Siap Beri Pendanaan UMKM Hingga Rp2 miliar Hanya Dengan Jaminan Invoice

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: