Salah satu jenis ikan cupang. Dok. Elbettacupang

Keren! Pelajar Ini Sukses Bisnis Ikan Cupang Beromzet Ratusan Juta Rupiah

07 May 2021   |   09:43 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Siapa bilang untuk memulai bisnis harus menunggu usia matang? Yang penting dalam berbisnis itu adalah niat dan konsistensi serta pandai mencari peluang.

Seperti Elang Shiddiq Khairu Kamil, pemilik usaha Elbetta Cupang ini mampu membuktikan kalau remaja juga bisa sukses loh. Elang baru saja merintis usaha ikan cupangnya pada September 2019 lalu.

Mulanya, remaja berusia 15 tahun ini hanya menjual secara offline bahkan dari mulut ke mulut. Kala itu, peminat ikan cupangnya masih sedikit.

Hingga akhirnya di masa pandemi, Elang melihat peluang berbisnis ikan cupang cukup menjanjikan karena banyak yang mulai hobi memelihara ikan cupang. Dari situ,dia pun mulai fokus memanfaatkan pemasaran melalui media sosial instagram miliknya @elbettacupang.

Siapa sangka, keputusannya untuk terjun ke dunia online berbuah hasil. Penjualannya pun mulai stabil rata-rata Rp500.000 per hari dengan menjual berbagai ikan cupang seharga ratusan ribu rupiah.

Makin lama, tren ikan cupang kian meningkat. Tentu saja ini menjadi kesempatan emas bagi Elang dalam mengembangkan usahanya. Perlahan pria kelahiran 2006 ini mulai beralih menjual ikan-ikan cupang hias dengan warna-warni yang unik dengan range harga jutaan rupiah.

Ternyata, meski harganya jutaan rupiah, ikan cupang hias tersebut tetap diminati bahkan permintaannya sangat tinggi. 

"Ikan dengan warna gold dan silver itu yang sekarang lagi rame banget sebenarnya. Kemarin Alhamdulillah tembus di angka Rp6,7 juta per ekor dari jenis ikan yang warnanya seperti itu,” tutur siswa Kelas 3 SMP ini.

Untuk mendongkrak penjualan dan pemasaran, Elang aktif membuat lelang ikan cukup secara live melalui akun instagram miliknya. Pada saat lelang tersebut, satu ekor ikan cupang bisa laku dengan harga yang sangat tinggi bahkan bisa dua kali lipat dari harga normal.

Misalnya saja, ada ikan yang harga normalnya sekitar Rp2 jutaan. Pada saat live IG, ikan tersebut bisa laku hingga Rp4 jutaan. Kata Elang ini bisa terjadi karena orang pada berebut, makanya saat live IG itu, Elang melepas ikan yang paling bagus dan sesuai permintaan viewers live.

Menurut Elang, bisnis ikan cupang ini sangat menjanjikan, selain itu tidak mengenal patokan harga. Jadi untuk satu ekor ikan cupang yang punya corak warna unik dan menarik bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi, apalagai jika dilelang secara live melalui instagram.

Berkat penjualan secara online tersebut, ikan cupang milik Elang ngga cuma diminati pangsa pasar dalam negeri saja tetapi juga para pembeli dari mancanegara seperti Singapura dan Malaysia.

Tak heran bila saat ini usahanya terus melesat tajam. Memang penjualan per harinya masih belum menentu tetapi angkanya sudah menembus jutaan rupiah. Per bulannya, Elang bisa meraup omzet yang cukup fantastis.

Bagi anak seusianya, meraup omzet hingga Rp100 juta keren bukan? Nah, siapa berani mencoba? 

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Wangi Bisnis Nasi Jeruk

BERIKUTNYA

Inilah 5 Smartphone Dengan Kamera Terbaik 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: