PLTS Atap di Global Sevilla (dok. Global Sevilla)

Sekolah Global Sevilla Manfaatkan Sumber Energi Matahari Ramah Lingkungan

26 May 2021   |   12:53 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, tahukah kalian, tokoh agama dan budayawan Nurcholish Madjid, yang lebih dikenal dengan Cak Nur bersama Sudhamek AWS, sebagai para pendiri Global Sevilla pernah memiliki mimpi untuk membangun institusi pendidikan yang mampu mengintegrasikan antara "pengembangan karakter" dan "prestasi keandalan akademis".

Nah, hal itu berhasil diwujudkan dalam proses belajar mengajar di Global Sevilla School. Pengembangan karakter tidak hanya diajarkan dalam satu mata pelajaran saja tetapi diajarkan, diulas dan dipraktikkan dalam setiap mata pelajaran.

Global Sevilla School juga mengajarkan anak-anak untuk tetap fokus dan sadar atau praktik "eling lan waspodo" sehingga akan terciptakan anak-anak yang mampu berkonsentrasi serta belajar mengendalikan diri, mengelola tekanan-tekanan dan sekaligus mengembangkan rasa welas asihnya.

Sebagai salah satu bentuk dukungan sekolah terhadap isu lingkungan dan penggunaan energi bersih, Global Sevilla School yang berlokasi di Puri Indah Campus, Jakarta Barat bersama Xurya Daya Indonesia telah memasang PLTS Atap sebesar 15 kWp sejak November 2020.

Selain mendukung dalam pengembangan energi baru terbarukan (EBT), penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) Atap ini juga menjadi sarana edukasi kepada siswa dan orang tua mengenai pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Michael Thia, Superintendent Global Sevilla School mengatakan: "Menggunakan energi bersih dengan menginstalasi PLTS Atap di gedung sekolah Global Sevilla Puri Indah Campus merupakan salah satu bentuk kepedulian kami dalam menjaga kelestarian lingkungan. Bersama Xurya Daya, penggunaan PLTS Atap ini juga dapat menjadi sarana edukasi kami kepada siswa dan orang tua mengenai pemanfaatan sinar matahari sebagai energi baru yang tidak akan habis dan yang terpenting ramah lingkungan."

Eka Himawan, Managing Director Xurya Daya Indonesia menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi komitmen yang diambil Global Sevilla dalam penggunaan energi bersih di lingkungan sekolahnya.

Langkah yang diambil Global Sevilla disebutnya sebagai bukti bahwa gedung sekolah pun juga dapat mendukung percepatan penggunaan energi baru terbarukan. Kami berharap, Global Sevilla dapat mengedukasi sekolah lain untuk mulai menggunakan PLTS Atap sebagai energi yang ramah lingkungan.”

Alhasil, melalui pemasangan PLTS Atap ini, Global Sevilla turut berkontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sebesar 19.745 kg setiap tahunnya. Jumlah CO2 tersebut setara dengan konsumsi 55.168 liter bensin dan perlu menanam 248 pohon untuk mengurangi jumlah CO2 tersebut.

Editor: Roni Yunianto


SEBELUMNYA

Segarnya Bisnis Minuman Sehat Kekinian, Intip Model Bisnisnya Yuk!

BERIKUTNYA

Milenial, Sekarang Waktu Yang Pas Buat Investasi di Properti

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: