Dok. Pexels

Pengusaha Ini Sukses Gandakan Penjualan dengan Pasukan Reseller. Ini Kuncinya

04 November 2021   |   18:12 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Melakukan penjualan dengan strategi reseller makin banyak digunakan oleh para pemilik brand. Dengan adanya pertumbuhan bisnis digital yang kian pesat dan peluang bisnis yang bermunculan, reseller merupakan aset penting bagi pebisnis, termasuk para pelaku UKM.

Keberadaan pasukan reseller bila dikelola dengan baik dapat membantu meningkatkan profit sampai berkali-kali lipat.

Berkaca dari data yang dikeluarkan oleh JakPat, disebutkan peminat belanja online pada semester I/2021 mengalami kenaikan sebanyak 5 persen menjadi 75 persen pada semester II/2020 yaitu sebesar 70 persen mendominasi dibanding peminat belanja offline yang justru mengalami penurunan sebanyak 5 persen pada semester I/2021 yaitu 25 persen yang sebelumnya sebesar 30 persen pada semester dua 2020. 

Hal ini didukung dengan kondisi pandemi yang tidak menentu, menyebabkan banyak orang untuk memenuhi kebutuhan harian lewat berbagai aplikasi dalam gadgetnya. Tentunya ini menjadi sebuah peluang yang sangat besar bagi brand owner untuk meningkatkan penjualannya, salah satunya dengan strategi reseller.

Seperti yang dilakukan oleh Syaiful Hadi Owner SCM, brand obat herbal yang sampai saat ini sudah memiliki sekitar 15 produk yang dipasarkan. Dengan melihat peluang bisnis yang menjanjikan ditambah dengan kondisi yang mengharuskannya untuk terus berinovasi, dia mulai menggunakan strategi reseller.

"Bisnis saya yang tadinya pada saat memulai pada 2016  menggunakan facebook ads,  pada 2020 saya mulai mengembangkan sayap dengan bekerja sama dengan reseller," ujarnya.

Dengan pasukan reseller, bisnis yang dia jalankan pada masa pandemi ini berjalan cukup stabil dan mengalami peningkatan.

Menurutnya, pandemi justru mengakselerasi orang-orang untuk terbiasa online atau go digital. "Mulanya memang sempat mengalami penurunan karena pandemi terus berjalan, kami mencoba berkolaborasi dengan mereka yang ingin berjualan online. Hal ini menjadi strategi kami,” jelasnya.

Dengan membuka kolaborasi seluas-luasnya dengan teman-teman reseller, penjualan dari produk-produk SCM mulai menunjukkan kestabilan.

Tidak hanya Syaiful Hadi, keuntungan menjalankan strategi reseller ini juga dirasakan oleh Achmad Subarkah pemilik bisnis brand FM Group yang menjual produk herbal. Menggunakan strategi reseller juga menjadi pilihan FM Group untuk bertahan di pandemi, sebab reseller menyumbang sekitar 15 persen margin.

"Cara kami mendapatkan reseller biasanya dari pelanggan yang telah percaya dengan produk kami, iklan di facebook dan Instagram. Namun dengan mengikuti Aksilerasi dalam satu momen saja sudah berhasil mendapatkan lebih dari 20 reseller baru,” ujar Achmad.
 

Ilustrasi berbisnis

Ilustrasi berbisnis


Dengan menggunakan strategi reseller, penjualan berpeluang dapat meningkat dua hingga tiga kali lipat.
Untuk mencapai peningkatan seperti ini, tentu harus tahu cara membangun tim reseller yang solid dan loyal dengan memperhatikan indikator penting yang bisa dilakukan brand owner atau pelaku UKM yang dijalankan untuk bertahan di masa pandemi ini. 

• Inovasi
Berinovasi untuk terus mencari cara untuk bertahan di pasar perlu dilakukan terus-menerus. Sebab setiap produk memiliki umur atau momentumnya. Satu waktu produk kita bisa terus menghasilkan, tetapi ada saatnya produk kita akan menurun. Di satu sisi, kompetitor juga akan membuat terobosan-terobosan baru, baik itu memperbaharui modelnya maupun menggunakan gimmick-gimmick tertentu. Oleh karena itu, terus menerus berinovasi dan mengimplementasikan strategi baru perlu dilakukan seorang brand owner.

• Berikan edukasi dan jalin komunikasi yang baik 
Ada baiknya brand owner memiliki kurikulum yang jelas untuk mengedukasi resellernya. Apa saja? seperti bagaimana cara mengiklankan, penulisan

• Berikan edukasi dan jalin komunikasi yang baik 
Ada baiknya brand owner memiliki kurikulum yang jelas untuk mengedukasi resellernya. Apa saja? seperti bagaimana cara mengiklankan, penulisan atau copywriting yang baik, sampai cara close deal. Beberapa poin ini perlu digaris bawahi oleh brand owner, bahwa reseller perlu mendapatkan edukasi terhadap hal-hal tersebut. 

• Sistem Reseller yang Menarik
Memiliki sistem yang memudahkan reseller akan menjadi nilai tambah untuk memperluas jaringan. Beberapa pilihan dapat diberikan seperti memberikan kemudahan dalam stock barang atau fleksibilitas untuk reseller menjual produk.

• Perbanyak branding di online agar mempermudah reseller menjual barang
Branding merupakan kegiatan yang harus secara konsisten dilakukan, dimana ini adalah juga merupakan tugas serta kewajiban dari seorang brand owner sehingga reseller akan dimudahkan dalam berjualan.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ini Sinopsis 4 Film Yang Akan Tayang di Road To Jakarta Film Week 2021

BERIKUTNYA

Tips Aman dari Kantuk Saat Mengemudi dari Pengemudi Bus AKAP: Jangan Cuma Cuci Muka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: