Android (Unsplash/Denny Muller)

Android 12 Beta Sudah Tersedia, Begini Cara Instalnya

19 May 2021   |   12:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Google baru saja meluncurkan Android 12 pada pembukaan acara tahunannya bertajuk I/O 2021, yang diselenggarakan pada 18 hingga 20 Mei. Artinya, kalian sekarang sudah bisa mencoba sendiri pembaruan sistem operasi itu dalam tahap public beta pertama.

Perlu dicatat, versi beta pertama untuk publik dari Android 12 saat ini tersedia untuk beberapa perangkat saja. Pengguna yang memakai perangkat tertentu bisa mendaftarkan diri di situs Google Android Beta untuk menjajal sistem operasi baru itu.

Android 12 menghadirkan banyak fitur baru, tapi salah satu hal yang paling menarik adalah visual baru. ini menghadirkan animasi, widhet dan layar kunci baru yang dimodifikasi. Selain itu, ada juga tema dengan kemampuan untuk mengubah warna yang digunakan di seluruh sistem operasi.

Untuk fiturnya, Google menghadirkan sejumlah peningkatan untuk kenyamanan pengguna. Ini termasuk mengubah fitur notifikasi dan pengaturan cepat. Tak ketinggalan juga peningkatan privasi dan keamanan yang lebih advance.

Cara instal Android 12 Beta 

Prosesnya tidak membutuhkan waktu yang lama atau tahapan yang sulit, tinggal mengikuti instruksi yang ada pada Google Android Beta.

Untuk Pixel, mulailah dengan mengunjungi situs Android 12 beta untuk mendaftarkan ponsel. Nantinya akan ada informasi bahwa perangkat telah memenuhi syarat untuk menjajal sistem operasi tersebut.

Setelah mendaftarkan perangkat, kalian akan mendapat pemberitahuan di ponsel bahwa perangkat lunak siap diinstal.

Jika ingin memeriksanya secara manual, buka menu pengaturan di ponsel, lalu buka Sistem dan pilih Pembaruan Sistem. Klik untuk melihat apakah kalian dapat mengunduh sistem operasi yang baru itu.

Sementara itu, untuk ponsel merek di luar Google yang didukung seperti OnePlus, Realme, Sharp, dan lainnya, ikuti petunjuk di setiap halaman dari ponsel yang memenuhi syarat. Hal ini dikarenakan proses pemasangan sistem operasi berbeda untuk setiap pabrikannya.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Google baru saja membuka versi public beta di mana terbatas pada beberapa perangkat tertentu. Berikut ini rincian lengkapnya :

Smartphone yang berfungsi dengan Android 12 Beta 

- Pixel 3 dan 3 XL
- Pixel 3A dan 3A XL
- Pixel 4 dan 4 XL
- Pixel 4A dan 4A 5G
- Pixel 5
- Asus Zenfone 8
- OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro
- Oppo Find X3 Pro
- TCL 20 Pro 5G
- Vivo iQOO 7
- Xiaomi Mi 11 Series
- XTE Axon 30 Ultra 5G

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Pameran Slavery di Rijksmuseum Tampilkan Sejarah Kelam Perbudakan Kolonial Belanda

BERIKUTNYA

Manfaat Kesehatan Kopi Jamur, Mau Coba?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: