Ilustrasi geisha. (Dok. John Cameron dari Unsplash)

5 Cara Perawatan Wajah Khas Geisha yang Bisa Kalian Pelajari

27 September 2021   |   10:02 WIB

Geisha atau perempuan yang melakukan penampilan hiburan tradisional khas Jepang identik dengan riasan yang tebal dengan gaya rambut tradisional Jepang dan setelan kimono yang panjang. Tidak hanya itu, geisha juga memiliki ciri khas pada perawatan wajahnya yang mengutamakan bahan-bahan alami, minim sampah atau sisa bahan, dan memiliki teknik khusus.

Geisha memiliki sejumlah rutinitas perawatan diri yang cukup panjang dan kompleks baik pada tubuh maupun wajah, tapi lima langkah ini merupakan tahapan perawatan wajah yang bisa Genhype tambahkan dalam rutinitas perawatan kalian lho!

1. Gunakan minyak untuk bersihkan wajah
Ada beberapa jenis larutan pembersih wajah yang umum digunakan dalam masyarakat, yaitu micellar water, minyak pembersih (cleansing oil), dan susu pembersih (cleansing milk). Geisha biasanya rutin menggunakan minyak pembersih untuk menghapus wajah dan membersihkan wajah karena prinsip penggunaan bahan alami yang masih kental di dalam rutinitas mereka secara umum serta upaya mereka menghindari produk kimia seperti alkohol.

2. Bersihkan wajah sebanyak dua kali
Layaknya pembersihan wajah pada umumnya yang dilakukan sebanyak dua kali, geisha juga melakukannya dengan membersihkan wajah dengan sabun pembersih setelah menggunakan larutan pembersih. 

3. Eksfoliasi rutin
Eksfoliasi merupakan salah satu tahapan pembersihan wajah yang dilakukan setiap hari oleh geisha. Sesuai dengan prinsipnya yang menggunakan bahan alami karena terbatasnya akses ke toko-toko kecantikan, geisha menggunakan bubuk beras dan kacang merah kasar sebagai salah satu bahan untuk melakukan rutinitas ini.

4. Pijatan wajah 
Geisha memiliki teknik khusus dalam melakukan pemijatan wajah, di mana teknik ini dilakukan saat mereka menggunakan toner essence. Caranya adalah dengan memijat wajah dengan larutan tersebut dari dagu naik ke dahi dan ditepuk-tepuk dengan lembut agar produk bisa meresap ke dalam kulit. Teknik pijatan ini juga bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit dan mengencangkan kulit layaknya merawat kulit bayi.

5. Lakukan perawatan wajah menyeluruh
Perawatan wajah pada geisha tidak hanya melibatkan penggunaan berbagai macam produk, tapi juga memperhatikan banyak hal sebagai upaya perawatan wajah preventif. Biasanya mereka akan melihat berbagai hal dari kualitas tidur, pola makan, kesehatan mental, kebiasaan minum air, hingga rutinitas pemeriksaan wajah.

Memasukkan aspek gaya hidup menjadi perhatian bagi para geisha karena hal ini bisa membuat mereka lebih rutin mengecek kondisi kesehatan kulit secara bertahap ketimbang harus mencari cara cepat mengatasi masalah kulit yang berpotensi menimbulkan masalah seperti iritasi, kulit mengelupas, hingga jerawat.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Penjualan Smartphone di Eropa Diusulkan tanpa Charger, Ini Alasannya!

BERIKUTNYA

Google Berbagi Kegembiraan dalam Doodle Kue Ulang Tahunnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: