Berat badan badan harus tetap dijaga. (Photo by i yunmai on Unsplash)

Cegah Obesitas dengan Tiga Langkah Mudah

15 May 2021   |   17:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Setelah masa libur Lebaran, siap-siap juga nih bentuk badan semakin melebar karena pola makan yang tidak terkontrol. Apalagi banyaknya menu makanan lezat yang telah tersaji di atas meja yang hampir semuanya mengandung lemak dan kolesterol tinggi.

Ketika kalori yang dikonsumsi melebihi porsi yang dibutuhkan maka dapat menyebabkan obesitas, apalagi jika tidak diimbangi dengan aktiivitas fisik.

Lantas, apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya obesitas?

1. Pilih Nutrisi Seimbang
Ahli gizi dari Fakultas Kedokteran UI Saptawati Bardosono mengatakan hal penting yang dilakukan untuk mencegah dan menangani obesitas adalah dengan memilih dan memperhatikan nutrisi yang tepat dan lengkap. 

“Konsumsi makanan harus seimbang, protein, karbohidrat, lemak, sebagai sumber kalori yang dibutuhkan tubuh tercukupi secara seimbang. Hanya saja kita harus pandai dalam memilih kandungan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat,” ujarnya.

2. Perhatikan Jadwal Makan
Selain itu, untuk mencegah obesitas, perhatikan juga jadwal makan setiap harinya yaitu tiga kali makan besar dan 2-3 kali makan selingan. Namun, untuk porsi makan harus dibatasi dan jangan terlalu banyak, disesuaikan dengan angka kecukupan gizi. Rata-rata angka kecukupan gizi seseorang per hari sekitar 1.500 hingga 1.700 kalori, tergantung pada masing-masing individu. 

3. Konsumsi Air Putih dan Olahraga Teratur
Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari juga perlu dipenuhi agar tubuh tidak dehidrasi dan lemak tubuh dapat larut dengan mudah. 
“Lengkapi juga semua ini dengan aktivitas fisik atau olahraga yang cukup,” tambahnya. 

Editor: Indyah Sutriningrum

 

SEBELUMNYA

Wow, Ada Lebih Dari 300 Jenis Sakit Kepala

BERIKUTNYA

Merah Mencekam dalam Poster Teaser Terbaru Serial Drakor Voice 4

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: