ilustrasi chef sedang memasak (Photo by lasse bergqvist on Unsplash)

Ingin Terjun di Dunia Kuliner? Ini Bekal Utama yang Harus Dimiliki

15 May 2021   |   14:30 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Dunia kuliner saat ini makin populer dan kian diminati oleh generasi muda di Indonesia. Tak sedikit bermunculan bisnis-bisnis kuliner baru yang digawangi anak-anak muda dengan berbagai jenis kuliner yang kreatif tetapi tetap memiliki cita rasa yang nikmat.

Begitu pula dengan profesi di bidang chef yang juga makin diminati terlebih dengan adanya berbagai program televisi yang menampilkan para chef-chef muda yang ahli mengkreasikan aneka jenis makanan.

Namun, bagi GenHype yang ingin terjun ke industri kuliner, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi bekal utama kalian di dunia masak-memasak ini, seperti yang disampaikan oleh Chef William W. Wijaya, Chef de Cuisine Paulaner Brauhaus, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Pertama, kalian harus benar-benar memiliki passion di dunia kuliner. Kedua, harus memiliki positive attitude. Ketiga, harus bisa bekerja dalam situasi apapun. Di samping itu, jika ingin sukses di dunia kuliner, hal lain yang harus dimiliki ialah visioner.

“Pikiran harus satu langkah lebih maju, dalam pengertian tempatkanlah diri kalian dengan pola pikir dan kemampuan di atas posisi yang sebenarnya,” tuturnya.


Misalnya seorang karyawan biasa harus menempatkan diri sebagai seorang asisten supervisor, demikian juga seorang asisten supervisor harus berpikiran dan punya kemampuan seperti seorang supervisor, terus begitu.

Jadi bisa memacu dirinya lebih, dengan begitu bisa berkembang lebih cepat di dunia kuliner.

Selanjutnya, kata Chef William, seorang calon chef juga harus memiliki target yang jelas, baik target dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang.
 

“Seorang chef juga tidak hanya bisa memasak, tapi juga harus memiliki soft skill, serta bisa berkomunikasi yang baik dengan sesama tim satu departemen atau dengan departemen lain. Selain itu juga harus memiliki conceptual skill, artinya harus selalu punya ide-ide kreatif di bidang kuliner. Karena dunia kuliner selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman,” tegasnya.


Hal ini penting agar mereka lebih giat belajar dan bekerja. Misalnya, dalam waktu 1 tahun harus mendapatkan promosi, atau dalam waktu 5 tahun pasang target harus menjadi seorang manajer outlet.

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Viral Tampah Jutaan, Intip 5 Anyaman Bambu Untuk Hiasan Rumah yang Unik

BERIKUTNYA

Katy Perry Rilis Video Klip Terbaru, Ada Pikachu!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: