Profil gir group global XG. (Sumber: X/XGOfficial_)

Segudang Prestasi XG, Girl Group Global yang Akan Tampil di We The Fest 2024 Senayan

18 July 2024   |   11:06 WIB
Image
Alya Hafilah Salsabila Mahasiswi Universitas Padjadjaran

Girl group XG yang debut pada tahun 2022 ini memiliki potensi yang menjanjikan. Meskipun baru berumur 2 tahun, nama mereka sudah cukup dikenal penggemar musik. Bahkan, mereka sudah memiliki 5,6 juta pendengar bulanan di Spotify, jumlah yang cukup banyak untuk grup seusianya. 

Kepopuleran mereka kian melejit pada tahun 2023 saat XG berkesempatan menjadi salah satu line up dalam festival musik milik 88Rising, Head in the Clouds yang diselenggarakan di New York, Amerika Serikat. 

Berbeda dari girl group lainnya, XG adalah girl group dengan konsep global. Meskipun banyak melakukan promosi di Korea Selatan, seluruh member XG berasal dari Jepang. Sedangkan, sebagian besar lagu-lagu mereka menggunakan bahasa Inggris walaupun terkadang diselingi beberapa kata dalam bahasa Jepang atau Korea. Oleh karena itu, girl group ini tidak dapat dikategorikan sebagai K-Pop. 

Baca Juga: Daftar Harga dan Cara Beli Tiket We The Fest 2024

Dilansir dari USA Today, Para member XG yang terdiri dari Chisa, Hinata, Jurin, Harvey, Juria, Maya, dan Cocona memulai debutnya dengan lagu Tippy Toes dan memulai debutnya di Korea Selatan dengan lagu Mascara.

Dalam waktu kurang dari setahun, XG berhasil mencetak rekor sebagai penyanyi wanita Jepang pertama dan grup Jepang pertama yang menempati chart TOP 40 Airplay Radio melalui single Shooting Star. Bahkan, b-side track mereka yang bertajuk Left Right mampu bertahan selama 11 minggu. 

Tak sampai di situ, XG juga diundang sebagai line up dalam festival SXSW di Sydney di tahun yang sama saat mereka menghadiri Head in the Clouds, 2023. Menariknya, tidak hanya tampil di festival musik internasional, XG juga berkolaborasi dengan Clara dan Jackson Wang.

Dilansir dari situs resmi Billboard, XG juga memecahkan rekor yang cukup mencengangkan dengan menjadi Hot Trending Songs di Billboard dengan lagu GRL GVNG. 

Pada bulan Mei lalu, XG kembali dengan musik baru mereka bertajuk Woke Up yang kembali menjadi perbincangan hangat. Pasalnya, pada comeback kali ini, anggota XG mengubah penampilan fisik mereka secara drastis. Uniknya, salah satu member XG, Cocona, rela memangkas habis rambutnya agar sesuai dengan konsep lagu.

Meskipun sudah dirilis sejak beberapa bulan yang lalu, lagu ini masih menempati Billboard Jepang TOP 100. Bahkan, mereka juga menjadi cover untuk banyak majalah terkenal seperti Vogue, Forbes, Contrast, Billboard, Nylon, hingga ELLE. 

Hanya dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan, Woke Up sudah mencapai lebih dari 40 juta pemutaran di Spotify. Lagu ini juga memecahkan rekor dengan bertahan 6 minggu di Billboard Jepang untuk posisi pertama. 

Dalam satu minggu pertama perilisannya, Woke Up berhasil menjadi trending untuk kategori musik di Youtube Amerika Serikat. Jelang perilisannya, XGALX juga mengumumkan konser tur dunia pertama XG bertajuk “The First HOWL” yang diadakan di tiga benua yaitu Asia, Amerika, dan Eropa. 

Selain itu, XG juga turut diundang sebagai line up untuk salah satu festival musik terbesar di Indonesia, We The Fest. XG akan tampil untuk hari pertama pada hari Jumat, 19 Juli mendatang. 

Baca Juga: We The Fest 2024 Rayakan 10 Tahun dengan Lineup Spektakuler di GBK Sports Complex

Editor: M. Taufikul Basari

SEBELUMNYA

Kolaborasi Vokasi dan Industri Ritel, Jalan Menuju Tenaga Kerja Siap Pakai

BERIKUTNYA

Daftar Lengkap Pemenang Nickelodeon Kids' Choice Awards 2024, Taylor Swift Borong Piala

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: