Advan X-Play. (Sumber foto : Advan)

Harga & Spesifikasi Advan X-Play, Konsol Gaming Handheld Lokal yang Bisa Jadi PC Mini

19 May 2024   |   12:56 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Advan turut meramaikan pasar konsol gaming handheld di Indonesia. Perusahaan elektronik lokal itu meluncurkan X-Play, yang digadang-gadang membawa teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk pengalaman gim yang semakin imersif.

Advan X-Play merupakan handheld PC, perangkat komputer dengan ukuran yang lebih kecil dan dapat digenggam. Ya, berbeda dengan konsol gim handheld lainnya, Advan X-Play bukan hanya bisa dipakai untuk bermain gim saja, tetapi disulap menjadi komputer mini. 

Baca juga: Mengenal PlaytronOS, Sistem Operasi Khusus Konsol Handheld

Dilengkapi dengan Windows  11, X-Play dapat berfungsi sebagai AI-powered PC dan dapat disambungkan ke keyboard maupun mouse. Tak hanya itu, konsol gaming ini juga bisa disambungkan ke TV atau monitor baik menggunakan kabel atau wireless.

Untuk dapur pacunya, X-Play ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 7840U dengan teknologi AI. Dengan teknologi kecerdasan buatan, konsol ini menawarkan kinerja yang ringan dan efisien, memberikan pengalaman untuk menikmati game AAA dengan lancar dan tanpa gangguan. Adapun GPU atau kartu grafiknya menggunakan AMD Radeon 780M
 

Konsol gaming handheld ini juga dipersenjatai dengan NPU yang mampu mencapai kecepatan total up to 32 TOPS (Trillions of Operations per Second). Neural Processing Unit (NPU) memegang peran krusial. 

NPU, sebagai bagian spesialis dalam prosesor, secara khusus dirancang untuk menangani beragam tugas AI dengan efisien. Otak di balik perangkat AI ini bertugas menjalankan berbagai operasi matematika yang krusial dalam pemrosesan data, pengenalan pola, dan pembelajaran mesin.

Salah satu parameter penting untuk menilai performa NPU adalah Tera Operations Per Second (TOPS). TOPS mengukur seberapa cepat NPU mampu menjalankan operasi matematika dalam satu detik. 

Konsol gim X-Play dari Advan yang didukung prosesor Ryzen 7, dilengkapi dengan NPU, CPU dan GPU, masing-masing produk memiliki total performa sebesar 38 TOPS dan 32 TOPS. Menjadikannya yang tercepat saat ini.

Sementara itu, X-Play hadir dalam layar 7 inci dan memiliki dua pilihan RAM yakni 16 GB dan 32 GB. Kapasitas penyimpanan 512 GB dan bisa mencapai 2TB dengan tambahan SSD.

X-Play memiliki joystick yang dilengkapi dual motor vibration. Untuk koneksi, konsol ini mendukung WiFi 6 dan Bluetooth 5.3. Kapasitas baterainya sebesar 50,04 Wh. Advan menawarkan port 1x USB Type C (USB 4.0), 1x USB 3.2 Gen2/charge, 1x microSD slot dan jack audio 3.5mm. Tombol power juga sudah disematkan dengan fitur finger print.

Bagaimana dengan harganya? Advan menawarkan X-Play dengan harga Rp9,9 juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mantan Pemain MU Ryan Giggs Beberkan Kunci Sukses di Dunia Sepak Bola

BERIKUTNYA

5 Festival Kuliner yang Menarik Dikunjungi pada Akhir Pekan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: