Tutorial Hijab (Sumber Foto: Freepik)

Tutorial Hijab Clean Style Anti Ribet, Pakai Pashmina & Kerudung Segi Empat

10 April 2024   |   13:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Tren hijab selalu berubah dari tahun ke tahun. Pada era modern ini, banyak bermunculan tutorial hijab yang kekinian dan fashionable, namun tanpa mengesampingkan fungsinya untuk menutupi aurat wanita. Kini kita mengenal tren hijab clean look yang dikenakan para selebritas dan beauty influencer.

Hijab clean style adalah tampilan hijab yang rapi dan simpel tanpa ribet. Artinya tidak perlu teknik-teknik sulit yang sampai memakan waktu lama untuk mengenakannya. Gaya hijab ini identik dengan tampilan kasual, tapi sebenarnya bisa juga dipakai ke acara formal.

Baca juga: Ide Outfit Hijaber: Ini Pilihan Warna Jilbab yang Cocok dengan Pakaian Putih

Tutorial hijab clean style berikut ini bisa dicoba untuk memaksimalkan penampilanmu di Hari Raya Idulfitri supaya terlihat lebih rapi dan cantik. Pilihlah gaya hijab sesuai gaya dan karaktermu, serta bahannya haruslah yang nyaman dikenakan seharian.
 

1. Hijab Simpel Ikat Leher

Gaya hijab simpel yang clean ini mudah diikuti, kamu bisa menggunakan kerudung segi empat atau pashmina. Pilih hijab yang bahannya tidak terlalu tebal, karena akan kita ikat di bagian leher agar tidak gerah.

Pertama-tama lakai dalaman hijab atau ciput terlebih dulu. Kenakan hijab dengan sisi kanan dan kiri seimbang atau sama panjangnya, lalu sematkan peniti atau jarum pentul di bawah dagu. Ambil salah satu sisi hijab ke bagian belakang lewat dalam, setelah itu baru sisi luarnya diambil ke belakang. Ikat kedua sisi hijab di belakang dengan rapi lalu tutupi ikatannya hijab yang tersisa di belakang.
 

2. Hijab Syar’i Menutup Dada

 

Hijab Syari (Sumber Foto: Freepik)

Hijab Syar'i (Sumber Foto: Freepik)

Hijab syar'i yang menutup dada selalu sukses menghasilkan look yang clean. Kamu bisa memilih hijab pashmina atau segi empat karena ukurannya yang lebar bisa menutupi bagian tubuh depan dengan baik. Hijab segi empat bisa dilipat menjadi segitiga, sementara pashmina bisa dikenakan langsung dengan dua sisi sama panjangnya.

Pada bagian lehernya bisa disematkan peniti atau jarum pentul. Ambil hijab bagian kanan lalu sembunyikan ke bahu kiri dan rekatkan pakai bros atau peniti, pastikan menutupi dada. Beberapa rekomendasi bahan kerudung segi empat yang nyaman dan anti kusut, mulai dari voal yang terbuat dari 100 persen katun dan polycotton yang terbuat dari campuran polyester dan katun.
 

3. Hijab dengan Anting

Gaya hijab yang memperlihatkan anting belakangan ini sangat populer di kalangan anak muda. Meski begitu, kamu tidak perlu memperlihatkan semua telinga, hanya bagian ujungnya saja yang dihiasi antimg. Kamu bisa memilih hijab model pashmina yang bahannya tidak licin.

Cara memakainya, coba menggunakan pashmina dengan kedua sisi sama panjang. Selanjutnya kedua sisinya diikat ke belakang. Adapun untuk antingnya hanya disangkutkan pada bagian ciput di bawah telinganya. Terlihat begitu effortless, tapi tetap memberikan tampilan stylish.
 

4. Hijab Turban

 

Hijab Turban (Sumber Foto: Freepik)

Hijab Turban (Sumber Foto: Freepik)


Hijab turban banyak dikenakan oleh wanita di beberapa negara seperti India, Timur Tengah, Eropa, dan Afrika. Untuk mencoba gaya ini, kamu bisa memilih kerudung pashmina dengan bahan sejuk dan lembut.

Caranya pakai ciput dan pashmina dengan bagian kiri pendek dan kanan panjang. Kencangkan hijab dengan ciput menggunakan jarum pentul pada bawah telinga kanan dan kiri. Ambil pashmina bagian kanan dan kiri lalu simpan ke belakang, kemudian disilang.

Bagian kanan dilingkar ke atas kepala ke arah kiri, lalu ikat dengan pashmina sebelah kiri. Beri jarum pentul di bagian atas kepala supaya hijab berada di posisi yang tepat.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi Restoran di Jakarta untuk Halalbihalal setelah Lebaran

BERIKUTNYA

Ketentuan Puasa Syawal: Waktu Mulai & Tata Cara Pelaksanaannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: