Kebun teh menjadi salah satu pemandangan indah yang ada di kawasan Puncak, Bogor. (Sumber foto: Unsplash/Ammar Andiko)

Ada Car Free Night di Bogor Pada Malam Tahun Baru 2024, Cek Jadwalnya

30 December 2023   |   12:56 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Malam tanpa kendaraan atau car free night menjadi salah satu kegiatan yang diadakan saat malam tahun baru. Selain Jakarta, daerah lainnya yang menerapkan kebijakan tersebut adalah Bogor, Jawa Barat. Daerah ini menerapkan malam tanpa kendaraan di kawasan Puncak. 

Dikutip dari akun media sosial NTMC Polri, car free night akan diterapkan mulai 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 di jalur wisata Puncak. Pemberlakuan kebijakan itu akan berlangsung mulai pukul 21.00 WIB sampai 01.00 WIB.

Baca juga: Tahun Baru di Jakarta, Catat Jadwal Car Free Night 31 Desember 2023

Akun tersebut menuliskan bahwa langkah penerapan malam tanpa kendaraan sebagai bentuk untuk mengurangi kepadatan dan peningkatan Covid-19 di jalur puncak pada malam tahun baru.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan pengalihan kendaraan mulai pukul 18.00 WIB pada Minggu, 31 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024 pukul 06.00 WIB. Genhype yang hendak menuju Cianjur atau Bandung dapat melalui jalur alternatif.
  • Rute Cibubur menuju Cianjur: Cianjur – Cileungsi – Jonggol Cariu – Cikalong – Cianjur.
  • Rute Ciawi menuju Sukabumi: Ciawi – Cicurug – Cibadak – Kota Sukabumi – Cianjur.

Kemudian, kepolisian juga menginformasikan bahwa akan ada kebijakan ganjil dan genap pada 31 Desember 2023 – 1 Januari 2024. Dengan begitu, kendaraan yang memiliki tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) tidak sesuai dengan tanggal pemberlakuan ganjil-genap akan diminta untuk memutar balik.

Untuk diketahui, kawasan puncak menjadi salah satu tujuan bagi banyak wisatawan menghabiskan malam pergantian tahun. Di tempat yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur itu memiliki beragam keistimewaan.

Selain udara yang segar dan dekat bagi masyarakat di sekitar Jabodetabek, kawasan ini juga menampilkan suasana yang asri. Tidak hanya itu, berbagai tempat wisata dan rekreasi menarik juga terdapat di Puncak.

Tempat – tempat itu adalah perkebunan teh Gunung Mas dan Gantole (Paralayang), Taman Safari, Kebun Bunga, dan Masjid Atta'awun. Saat ke kawasan ini, pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan penginapan karena terdapat villa dan hotel yang bisa menjadi pilihan.

Wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner yang khas di daerah ini seperti jagung bakar. Tidak hanya itu, beragam oleh-oleh untuk dibawa pulang juga banyak dijajakan di sepanjang jalur Ciawi-Puncak.

Dengan menikmati liburan di kawasan Puncak, pikiran dapat kembali segar sehingga dapat memulai tahun baru dengan lebih baik.

Saat hendak merayakan liburan tahun baru di tempat ini, pastikan untuk melakukan berbagai persiapan – terutama ketika membawa kendaraan pribadi. Kesehatan kendaraan dan pengemudi menjadi yang utama sebelum melakukan perjalanan.

Genhype perlu melakukan persiapan mengingat jalur yang harus dilalui tidak mudah karena menanjak, menurun, dan berbelok. Jangan sampai liburan tahun baru yang seharusnya menyenangkan berubah menjadi malapetaka. Kalian perlu istirahat yang cukup baik saat pergi atau pulang. 

Tidak memaksakan berkendara saat kurang tidur atau tubuh merasa lelah merupakan sebuah kewajiban. Bukan tanpa alasan, kurang tidur atau istirahat dapat membuat kewaspadaan berkurang atau mikro sleep yang berpotensi terjadinya kecelakaan. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tahun Baru di Jakarta, Catat Jadwal Car Free Night 31 Desember 2023

BERIKUTNYA

Resep Ayam Bakar Teflon, Menu Simple Makan Malam Tahun Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: