Ilustrasi bus antarkota. (Sumber gambar: Jalal Kelink/Unsplash)

Pencurian di Bus Viral di Medsos, Simak 5 Tip Naik Bus Aman & Nyaman

21 December 2023   |   19:24 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Media sosial tengah diramaikan dengan pengakuan orang-orang yang menjadi korban pencurian saat menjadi penumpang bus antarkota dari satu perusahaan otobus (PO) terkenal. Pengakuan itu berawal dari pemilik akun X @Widino yang membeberkan pengalamannya menjadi korban pencurian saat naik bus jurusan Ciputat dari Wonosobo.

Melalui akun X pribadinya, pria yang diketahui bernama Dino itu bercerita bahwa barang-barang yang ada dalam tasnya yakni iPad Pro 2020 dan satu tas berisi charger diambil oleh orang tak bertanggung jawab. Ketika sampai tujuan, dia mendapati isi tasnya sudah berbeda menjadi tumpukan beberapa buku.

Meskipun tidak diketahui kapan pastinya barang-barang dalam tas yang dibawa Dino itu diambil oleh pencuri. Namun, berdasarkan keterangannya, dia curiga bahwa pencurian itu terorganisir dengan kru bus. Pasalnya, sepanjang perjalanan, dia mendapati satu orang yang akrab dengan kru bus yang tampak mengawasinya.

"Gak mau suudzon tapi gue curiga komplotan crew bus, karena dari awal ada crew yang duduknya pindah pindah nyari seat kosong. Gimana tanggung jawab kalian @Rosalia_Ind," tulis akun X @Widino dikutip Hypeabis.id.

Usai mengunggah kejadian tersebut, rupanya banyak orang yang mengalami hal serupa saat naik bus Rosalia Indah. Pencurian yang dialami para korban juga sama yakni barang-barang berharga mereka di tas raib dan diganti dengan tumpukan buku. Hal ini pun membuat kata kunci Rosalia Indah masih bertengger di puncak trending topic X, dengan lebih dari 59.000 cuitan.
 


Merespons aduan tersebut, PO Rosalia Indah pun buka suara. Dalam pernyataan resminya, mereka mengatakan sedang melakukan proses investigasi lebih lanjut secara internal, yang melibatkan awak bus di unit bus terkait yang sudah diagendakan untuk panggilan ke pusat guna mengikuti proses investigasi.

"PT Rosalia Indah Transport meminta maaf atas kejadian yang menimpa penumpang setia kami dan akan berkomitmen untuk menyelesaikan proses investigasi," tulis mereka.

Perusahaan otobus yang berkantor pusat di Karanganyar itu juga menyatakan bahwa telah mengambil beberapa tindakan konkret untuk menindaklanjuti kasus kehilangan barang para penumpangnya, yakni melakukan komunikasi langsung dengan pengguna jasa, melakukan investigas terhadap awak bus, dan menindak tegas apabila terdapat bukti keterlibatan awak bus dalam kejadian tersebut.

Kejadian ini tentunya membuat sebagian besar masyarakat resah, terutama bagi mereka yang mengandalkan transportasi umum darat bus untuk keperluan mobilitas. Termasuk, mengingatkan masyarakat untuk lebih waspada dalam menjaga barang-barang saat naik bus. Berikut adalah sejumlah tip naik bus agar aman dan nyaman seperti dikutip dari Damri Indonesia.

1. Selalu waspada
Saat menaiki moda transportasi apa pun termasuk bus, kalian harus selalu waspada. Apalagi, buat Genhype yang pertama kali naik bus, jangan pasang wajah bingung dan gelisah sebab bisa jadi celah bagi para pelaku kejahatan untuk bertindak. Momen ini juga bisa dimanfaatkan bagi para calo untuk menawarkan jasa yang mungkin tidak sesuai dengan tujuan kalian.

Ada baiknya tetap tenang dan berada di lokasi yang ramai, seperti warung atau tempat menunggu bus. Atau, kalian juga bisa mencari petugas berwenang jika ingin memastikan jadwal keberangkatan atau bus mana yang harus dinaiki.

2. Bawa barang secukupnya
Membawa barang terlalu banyak saat bepergian ke luar kota ataupun ke luar provinsi sebisa mungkin dihindari. Selain menyulitkan terutama bagi yang bepergian sendirian, hal ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya kejahatan di dalam terminal.

Bawalah barang secukupnya yang memang kalian rasa perlu untuk menunjang keseharian saat di kota tujuan. Jika memang harus membawa banyak barang, sebaiknya tidak bepergian sendiri. Selain itu, kalian  juga bisa memisahkan barang berharga di tas yang lain. Usahakan juga tidur bergantian sehingga tetap ada yang menjaga barang bawaan.
 

Ilustrasi bus antarkota. (Sumber gambar: Jalal Kelink/Unsplash)

Ilustrasi penumpang bus. (Sumber gambar: Annie Pratt/Unsplash)


3. Berbaur dengan penumpang lain
Kalau kalian bepergian sendirian dan memilih tipe kursi dengan konfigurasi bus 2-2, kemungkinan besar akan bertemu dengan penumpang lain. Nah, karena perjalanan menggunakan bus AKAP adalah perjalanan yang cukup lama, tak ada salahnya untuk sekadar berkenalan atau berbaur dengan penumpang lain.

Sebab, menunggu di dalam atau di luar bus bersama penumpang lain jauh lebih aman dibandingkan menunggu di tempat asing. Meski begitu, ada baiknya kalian juga tetap selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan orang lain.

4. Ketahui lokasi loket bus atau PO
Tips penting lainnya adalah wajib untuk mengetahui loket bus atau Perusahaan Otobus (PO) yang akan digunakan. Tak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai PO atau jadwal keberangkatan bus tujuan. Selain bisa memudahkan perjalanan, hal ini juga membuat kalian tidak bingung saat menuju terminal bus.

5. Pilih tempat duduk yang sesuai
Tip berikutnya agar perjalanan naik bus aman adalah dengan memilih tempat duduk yang sesuai. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika lebih nyaman bepergian sendirian, kalian bisa memilih bus dengan konfigurasi 2-1 atau 1-1.

Jika punya bujet lebih, bisa memilih bus dengan kelas 'sleeper seat' yang menawarkan privasi dan kenyamanan yang lebih, plus kalian juga bisa memilih tempat duduk yang membuat nyaman di perjalanan. Kalau kalian ingin menikmati perjalanan, kursi di dekat jendela adalah pilihan yang tepat. Sementara itu, buat yang ingin beristirahat, kursi di bagian tengah bisa jadi pilihan karena minim guncangan.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Alasan Film 13 Bom di Jakarta Bawa Topik Seputar Bitcoin

BERIKUTNYA

Restoran Burger Carl' Jr Resmi Tutup di Indonesia Setelah 10 Tahun

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: