Ketahui alasan komputer menjadi lemot (Unsplash/Clint Patterson)

Komputer Lemot? Ternyata Ini Faktor Penyebabnya, Cek Yuk!

01 August 2021   |   13:59 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perangkat teknologi seperti komputer, desktop maupun laptop belakangan menjadi alat wajib untuk beraktivitas sehari-hari. Situasi pandemi membuat kegiatan seperti sekolah dan bekerja harus dilakukan dari rumah dengan bantuan gadget.

Oleh sebab itu, keandalan komputer memegang peranan vital dalam aktivitas kita beberapa waktu terakhir. Sayangnya, tak sedikit kendala yang muncul terkait penggunaan perangkat misalnya komputer lemot.

Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh terhadap seluruh kegiatan yang dilakukan. Komputer yang bermasalah juga bisa membuat frustrasi, yang pada akhirnya berpengaruh terhadap mood beraktivitas.

Oleh karenanya, cukup penting untuk mengetahui alasan kenapa perangkat menjadi lambat. Dilansir dari Cnet, berikut ini ada beberapa alasan umum yang membuat kinerja komputer lemot :

1. Pemindaian antivitus

Untuk mengeceknya, coba buka Task Manager. Kalian mungkin akan melihat bahwa perangkat lunak antivirus secara rutin berada di bagian atas, yang berarti tengah bekerja melakukan pemindaian.

Nah, alih-alih membiarkan program memindai kapan saja, coba jadwalkan untuk melakukan proses tersebut saat kalian tidak menggunakan komputer. Misalnya waktu malam hari atau jam makan siang.

2. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan

Jika komputer membutuhkan waktu lama dan tidak responsif ketika kalian masuk ke akun Windows, ini bisa jadi disebabkan banyaknya aplikasi yang coba dijalankan sejak awal.

Kalian bisa mengelola daftar aplikasi dan layanan yang mulai berjalan dengan membuka Task Manager. Buka daftar dan hapus yang tidak perlu, atau lakukan disable pada aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

3. Browser penguras daya

Lemot pada komputer bisa juga disebabkan oleh mesin pencari web, terutama jika kalian membuka terlalu banyak jendela dan tab. Perlu dicatat bahwa tiap tab memakan memori dan daya pemrosesan yang berpengaruh pada kinerja.

Kalian bisa melihat perincian ekstensi dan tab di Pengelola Tugas dengan mengklik panah di samping nama peramban. Jika kalian merasa bahwa browser sering menyebabkan komputer lambat, tak ada salahnya menjajal mesin pencari lain.



Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Bersiap, Film Serial Hawkeye Segera Tayang di Disney+

BERIKUTNYA

Sambil Menanti Debut Hawkeye, Yuk Tonton Film & Serial Marvel Ini Dulu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: