Contoh kutil di leher (dok. Freepik)

7 Cara Hilangkan Kutil Kulit Sendiri Secara Aman

11 May 2021   |   12:57 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Apakah kamu punya kutil? Ternyata daging tumbuh ini bisa dihilangkan dengan cara sederhana lho. Kutil alias skin tag merupakan daging tumbuh di area kulit. Biasanya tidak berbahaya dan menyakitkan, namun cukup mengganggu penampilan apalagi jika tumbuh di area wajah bukan?

Ya, secara umum kutil paling banyak tumbuh di area wajah, kelopak mata, leher, dada atas, dan ketiak. Nah, menurut Dokter Kulit Kemunto Mokaya, ada cara teraman dan paling efektif untuk menghilangkan kutil sendiri di rumah, berikut daftrarnya :

1. Benang bedah dan plester penghilang kutil

Benang bedah pengangkat skin tag memotong suplai darah ke dasar jaringannya. Tanpa suplai darah, sel-sel mati, dan kutil itu hilang. Proses ini dikenal sebagai ligasi.

Plester penghilang kutil mengandung obat-obatan. Katanya jika seseorang memakai plester tersebut selama beberapa hari atau seminggu, kutil mungkin lepas. Namun, Mokaya mengatakan plester penghilang kutil hingga saat ini tidak mendapat izin edar dari FDA di Amerika Serikat dan lebih menganjurkan kutil dihilangkan secara medis.

2. Krim penghilang

Krim ini bisa efektif dalam beberapa kasus. Mokaya merekomendasikan untuk menghindari produk yang mengandung asam salisilat dan minyak pohon teh karena bahan tersebut dapat mengiritasi kulit atau menyebabkan dermatitis kontak atau ruam kulit akibat zat tertentu.

Ingat sebelum memakai krim penghilang kutil, ada baiknya untuk membersihkan kulit dengan kapas yang dibasahi alkohol. Kemudian pastikan krim diaplikasikan secara merata di area kutil. Katanya sih, kutil akan terlepas dalam waktu 2–3 minggu.

3. Kit pembekuan

Dalam pengaturan klinis, profesional perawatan kesehatan menggunakan nitrogen cair untuk menghancurkan jaringan kulit yang tidak diinginkan. Ini dikenal sebagai cryotherapy.

Kata Dokter Mokaya cryotherapy mungkin melibatkan suhu -320,8°F (-195 ° C) sementara lesi jinak seperti kutil membutuhkan suhu −4°F hingga −58°F. Dia merekomendasikan untuk melakukan penelitian dan memilih kit yang dapat mencapai suhu terendah jika digunakan dengan tepat.

Seperti biasa, ikuti instruksinya. Orang mungkin perlu mengaplikasikan produk beberapa kali sebelum kutil benar-benar hilang. Saat menggunakan kit pembekuan rumahan, hindari membiarkan semprotan menyentuh kulit di sekitarnya. Menerapkan petroleum jelly ke area di sekitar kutil sebelumnya dapat membantu melindungi kulit.
 

minyak pohon teh/dok healthline

minyak pohon teh/dok healthline


4. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh atau yang dikenal tree tea oil adalah minyak esensial yang dapat membantu merawat beberapa kondisi kulit. Bukti anekdot menunjukkan bahwa produk ini dapat membantu menghilangkan kutil.

Beberapa orang mencoba tree tea oil dengan meneteskannya ke atas kapas, menempelkannya ke kutil, dan kemudian diplester. Mereka membiarkan kapas tersebut selama 10 menit dan diaplikasikan tiga kali sehari. Mungkin perlu beberapa hari atau minggu sampai kutil terlepas.

Namun, seseorang harus berhati-hati, karena minyak pohon teh dapat mengiritasi kulit sensitif. Jangan gunakan minyak ini pada kutil di area mata ya!

5. Cuka sari apel

Orang yang mencobanya sering kali merendam bola kapas di dalam cuka dan membalutnya dengan perban selama 10 menit, dua atau tiga kali sehari, sampai kutil terlepas.

Namun perhatikan, jika terjadi iritasi pada kulit, segera hentikan pemakaiannya. Cuka sari apel sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar kimiawi. Jangan gunakan di dekat mata.

6. Yodium

Laporan anekdotal menunjukkan bahwa orang dapat menggunakan yodium cair untuk menghilangkan kutil. Namun, hanya ada sedikit bukti ilmiah tentang hal ini.

Siapa pun yang ingin mencobanya harus melindungi kulit di sekitar kutil terlebih dahulu dengan mengoleskan petroleum jelly atau minyak kelapa. Selanjutnya, rendam cotton bud dalam yodium dan oleskan cairan ke seluruh kutil. Tutupi area tersebut dengan perban sampai yodium mengering. Ulangi perawatan ini dua kali sehari sampai kutil terlepas.

7. Dipotong

Kamu pasti gemas ingin memotong lkutil dengan pisau tajam, gunting kuku, atau gunting. Ini bisa dilakukan, tetapi dengan persetujuan dokter ya.

Setelah berkonsultasi, bersihkan kulit serta alat secara menyeluruh untuk mencegah infeksi. Tapi ingat, cari ini cukup menyakitkan.

Orang yang meminum obat pengencer darah atau memiliki kelainan pendarahan harus menghindari metode ini ya. Selain itu, jangan memotong kutil berukuran sedang atau besar karena dapat menyebabkan perdarahan. Kutil biasanya berukuran mulai dari beberapa milimeter hingga 2 inci lebarnya.

Jangan coba cara ini pada kutil di sekitar mata atau alat kelamin. American Academy of Dermatology memperingatkan bahwa menghilangkan kutil di rumah dapat menyebabkan infeksi yang mendalam. Selain itu, bisa saja menggores pembuluh darah atau vena yang menyebabkan perdarahan yang signifikan.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Aktivitas Lebaran di Rumah Saja, Dari Gim Daring Sampai Movie Marathon

BERIKUTNYA

Ini 5 Manfaat Klorofil, Bisa Turunkan Berat Badan Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: