Pameran seni ArtMoments Jakarta 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

ArtMoments Jakarta 2023 Resmi Dibuka, Tampilkan Karya Seniman Ternama Nasional & Mancanegara

18 August 2023   |   17:36 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Pameran seni ArtMoments Jakarta 2023 resmi dibuka hari ini, Jumat (18/8/2023), di Grand Ballroom Hotel Sheraton Grand Jakarta Gandaria City. Bursa seni para seniman, kolektor, galeri, dan komunitas seni se-Asia Tenggara ini akan berlangsung hingga 20 Agustus 2023.

Pada edisi keenam ini, ArtMoments Jakarta 2023 mengusung tema Embrace Moments: Continually Art. Selama tiga hari kedepan, pengunjung dapat melihat karya-karya seni yang telah terkurasi dari 25 galeri seni nasional dan mancanegara.

Baca juga: 1.000 Karya dari 30 Galeri Akan Tampil di ArtMoments Jakarta 2023

Dengan konsep Boutique Art Fair, pengunjung nantinya dapat menjelajahi berbagai kombinasi presentasi karya menarik dari berbagai seniman dan galeri. Konsep ini juga akan membuat pengunjung lebih fokus menikmati karya dari setiap bilik seni yang ada.

Sendy Widjaja, Co-Founder dan Fair Director of ArtMoments Jakarta mengatakan bahwa tema Embrace Moments: Continually Art pada gelaran bursa seni kali ini sengaja diambil karena terasa relevan saat ini.

Pihaknya ingin menegaskan bahwa saat ini adalah momen optimisme bagi perkembangan seni rupa di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Perkembangan tersebut terus menunjukkan keberagaman seni dan memunculkan bentuk-bentuk ekspresi yang makin kuat.

Dia berharap tema tersebut bisa makin mendorong kemajuan industri seni di Tanah Air. Penyelanggaraan ArtMoments Jakarta 2023 ini pun diharapkan jadi jembatan interaksi antara seniman, kolektor, dan para pencinta seni.

Sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, ArtMoments Jakarta 2023 selalu menghadirkan seniman-seniman ternama dengan karya-karya masyhurnya. salah satu yang cukup jadi highlight adalah hadirnya karya dari Miwa Komatsu, seniman asal Jepang yang akan disajikan Whitestone Gallery.

“Sulit sekali mendapatkan karya Miwa Komatsu. Sebab, setiap kali pameran selalu habis. Ini adalah kali pertama karya aslinya ditampilkan di Indonesia,” jelas Sendy Widjaja di ArtMoments Jakarta 2023.

Namun, tak hanya Miwa Komatsu, tahun ini beberapa nama besar di kancah nasional dan internasional lain juga dihadirkan. Beberapa di antaranya adalah Arkiv Vilmansa yang disajikan G3N Project x Museum of Toys, seniman kontemporer Eko Nugroho dan Heri Dono yang disajikan The Columns Gallery, hingga Handiwirman yang akan disajikan oleh Gajah Gallery.

Selain itu, seniman muda Indonesia Laksamana Ryo juga akan menampilkan beberapa karyanya lewat Gallery Afternon dan pelukis abstrak Erizal juga akan memajang karyanya lewat Gajah Gallery.
 

Heri Dono - The Future Political Stage - 2011 - Acrylic on canvas - 100cm x 90cm (Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Heri Dono - The Future Political Stage - 2011 - Acrylic on canvas - 100cm x 90cm (Chelsea Venda/Hypeabis.id)


Dengan beragamnya karya yang ditampilkan, Sendy berharap ArtMoments Jakarta 2023 dapat memperluas apresiasi seni serta merangsang dialog budaya yang kaya dengan menyajikan karya-karya berkualitas dari berbagai perspektif. Termasuk, juga dalam hal transaksi karya seni.

Menurut Sandy, saat ini pasar seni rupa di Indonesia memang terus bertumbuh dengan baik. Hal itu juga sekiranya tercermin dalam antusiasme peminat seni dalam gelaran ArtMoments Jakarta kali ini.

“Sebelum ArtMoments Jakarta 2023 dibuka, transaksinya sudah hampir Rp10 miliar,” ungkapnya.

Sementara itu, seniman Arkiv Vilmansa juga mengatakan pendapat senada. Pasar seni di Indonesia tengah berkembang ke arah yang baik. Pasarnya bahkan kini terus melebar, termasuk ada banyak anak muda yang akhirnya mulai tertarik dengan seni.

Dirinya melihat gejala meluasnya pasar seni dengan menyentuh kolektor-kolektor baru ini terjadi sejak pandemi Covid-19. Hingga hari ini, regenerasi penikmat seni terus terjadi hingga kini.

“Tentunya ini jadi kabar yang baik, ya. Seniman dan kolektor adalah hal yang penting dalam ekosistem seni,” ucap Arkiv.


Program Publik dan Tiket Masuk

 

Pameran seni ArtMoments Jakarta 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)

Pameran seni ArtMoments Jakarta 2023 (Sumber gambar: Chelsea Venda/Hypeabis.id)


ArtMoments Jakarta 2023 tahun ini juga akan kembali mengadakan program publik yang beragam, dari diskusi panel dan lokakarya, yang dikenal dengan Converse Moments dan Maker Moments.

Tahun ini, ArtMoments Jakarta 2023  bekerja sama dengan Forum Keluarga Spesial Indonesia (FORKESI) dengan mengadakan lokakarya seni yang melibatkan anak-anak berkebutuhan khusus berusia 8 tahun sampai 15 tahun.

Program Maker Moments lainnya adalah lokakarya Plasticology oleh seniman Bali dan aktivis lingkungan I Made Bayak, di mana peserta akan belajar bagaimana mendaur ulang limbah plastik menjadi karya seni.

Acara penting lainnya adalah lelang amal tahunan di ArtMoments Jakarta. Tahun ini, lelang tersebut akan dipimpin oleh Mitra Lelang Resmi pameran, Masterpiece. Acara lelang ini akan memfasilitasi penjualan karya-karya seni terkenal dari koleksi pribadi almarhum Leo Silitonga, yang merupakan salah satu pendiri ArtMoments Jakarta.

Adapun, tiket masuk ditawarkan dengan harga IDR100.000 untuk umum dan IDR50.000 untuk mahasiswa. Tiket dapat dibeli melalui bit.ly/amj2023 atau langsung di tempat pameran.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

5 Fakta tentang Bukit Wolobobo, Pesona Negeri di Atas Awan Flores

BERIKUTNYA

Serba-serbi Aura dan Cara Mengenalinya Versi Praktisi Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: