Pemandangan Gunung Inerie dan Sunset yang dapat dinikmati dari Bukit Wolobobo. ( Sumber Gambar: Tourim Informations Center)

5 Fakta tentang Bukit Wolobobo, Pesona Negeri di Atas Awan Flores

18 August 2023   |   18:32 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Like
Indonesia adalah negara yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Selain itu, keragaman suku, bahasa, budaya, dan agama juga menjadi daya tarik yang luar biasa. Kombinasi ini menjadikan Indonesia sebagai destinasi favorit bagi wisatawan internasional yang ingin menikmati liburan yang tak terlupakan.

For You Information, Nusa Tenggara Timur adalah satu dari banyaknya provinsi yang terkenal akan keindahan alamnya. Salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi turis lokal dan mancanegara adalah Bukit wolobobo. 

Mungkin, sebagian orang belum mengenal destinasi wisata yang dijuluki Negeri di atas Awan ini. Berikut beberapa fakta Bukit Wolobobo yang perlu kalian tahu sebelum mengunjunginya.
 

1. Keindahan Bukit Wolobobo

Bukit Wolobobo telah menjadi daya tarik utama bagi berbagai kalangan masyarakat, dikenal atas keindahan alamnya yang menawan serta aksesibilitas yang mudah, yang semakin meningkatkan daya tarik tempat wisata ini. Begitu memasuki kawasan perbukitan, pengunjung akan disambut oleh pemandangan luar biasa yang dihiasi oleh pohon-pohon raksasa.

Lokawisata Bukit Wolobob berada di Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lebih tepatnya, di desa Bomari, Kecamatan Bajawa. Dari Jantung Kota Bajawa kita akan bergeser ke arah timur dan menempuh waktu kurang lebih 15 menit. 

Sebelum memasuki area parkiran, pengunjung wajib membayar tiket ke petugas sebesar Rp10.000. Kemudian, melanjutkan perjalanan hingga area parkir. Setelah, memarkirkan kendaraan, kalian akan berjalan kaki menuju spot foto kurang lebih 100 meter.

Objek Wisata Wolobobo memiliki spot foto yang sangat indah. Berhadapan langsung dengan Gunung Inerie dan Laut Sawu, menambah keeksotisan tempat ini. Tidak hanya itu, bagi pencinta kopi, kalian dapat mencicipi kopi Arabika khas Ngada dengan ditemani sunset yang memanjakan mata.

Gradasi warna yang cantik bertemu dengan langit sore serta suasana yang tenang, menjadikan tempat ini sebagai objek wisata healing bagi kalian yang bosan dengan hiruk pikuk pekerjaan.

Berada di ketinggian 1.500 mdpl, menjadikan Bukit Wolobobo memiliki suhu yang cukup dingin pada Oktober hingga Maret. Nah, bagi kalian yang tidak kuat dengan iklim yang dingin, jangan lupa membawa jaket.


2. Akses Transportasi ke Bukit Wolobobo 

Selain mobil dari pihak penginapan, kalian juga dapat menyewa jasa layanan pinjaman mobil yang tersedia di Kabupaten Ngada. Misalnya, jasa rental mobil Karunia Rental Mobil yang beralamat di Kelurahan Lebijaga, jasa rental mobil Paradigma Rent Car yang beralamat di Kelurahan Ngalisabu, dan masih banyak lagi.

Untuk kalian yang bepergian seorang diri, dapat menggunakan jasa ojek yang ada. Estimasi biaya sewa transportasi berkisar dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000.
 

3.  Estimasi Biaya Penginapan di Bukit Wolobobo

Bagi Genhype yang sedang berlibur dan belum memiliki penginapan selama liburan di Kota Bajawa. Kalian tidak perlu kebingungan, karena  menurut data BPS Provinsi NTT tahun 2022, Kabupaten Ngada telah memiliki setidaknya 593 penginapan yang tersebar di berbagai tempat.

Kalian juga dapat memesan penginapan melalui aplikasi pemesanan yang tersedia seperti Traveloka.
 

4. Estimasi Waktu Kunjungan ke Bukit Wolobobo

Objek wisata Bukit Wolobobo menghadirkan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Jika, sobat Genhype ingin merasakan sensasi berkunjung ke negeri di atas awan, kalian dapat mengunjungi tempat ini pada Oktober hingga Maret.

Untuk kalian yang ingin melihat sunset, lebih baik berkunjung pada April hingga September.
 

5. Fasilitas di Bukit Wolobobo

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini yakin memiliki tempat parkir, kantin, toilet, gazebo untuk beristirahat, dan juga dilengkapi dengan panggung untuk hunting foto.

Selain itu, di sekeliling tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan pagar pembatas agar melindungi para wisatawan.

Jika Gehype memiliki rencana liburan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Keindahan alamnya yang menakjubkan dan pengalaman yang tak terlupakan di Bukit Wolobobo pasti akan membuat liburan kalian menjadi lebih istimewa. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Patung Ikonik Raksasa KAWS Telah Tiba di Kompleks Candi Prambanan, Megah nan Indah!

BERIKUTNYA

ArtMoments Jakarta 2023 Resmi Dibuka, Tampilkan Karya Seniman Ternama Nasional & Mancanegara

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: