Xiaomi menjadi vendor smartphone terbesar kedua (Xiaomi)

Xiaomi Geser Apple Sebagai Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Dunia

17 July 2021   |   15:06 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Laporan terbaru dari analis riset Canalys mencatat bahwa perusahaan ponsel pintar asal China, Xiaomi sekarang menjadi vendor terbesar kedua di seluruh dunia pada kuartal dua tahun ini. Perusahaan itu untuk pertama kalinya menyalip Apple yang sebelumnya berada di posisi runner-up.

Xiaomi mencatatkan pangsa pasar global sebesar 17 persen, di atas Apple dengan 14 persen dan di bawah juara bertahan Samsung dengan 19 persen.

Melengkapi posisi lima besar vendor smartphone terbesar di dunia, adalah perusahaan China Oppo dan Vivo yang berada di bawah naungan BBK Group. Masing-masing memiliki pangsa pasar 10 persen.
 
Pengiriman smartphone Q2 2021 (Canalys)


 
Kelima perusahaan itu berhasil meningkatkan pengiriman mereka dari tahun ke tahun. Akan tetapi pada periode ini, Xiaomi mencatatkan peningkatan volume pengiriman ponsel hingga 83 persen.

Canalys Research Manager Ben Stanton mengatakan bahwa Xiaomi telah mengembangkan bisnisnya di luar negeri dengan sangat cepat. Ini termasuk di antaranya adalah negara-negara di Eropa Barat, Afrika, dan Amerika Latin.

Kendati telah melebarkan sayap, sebagian besar penjualan masih condong di pasar utama. Selain itu, dibandingkan dengan Samsung dan Apple, harga jual ponsel Xiaomi masing-masing sekitar 40 persen dan 75 persen lebih murah.

"... Xiaomi siap mengincar hadiah berikutnya, yakni menggusur Samsung untuk menjadi vendor terbesar di dunia," kata Stanton.

Selain itu, Canalys juga mencatat bahwa pengiriman smartphone di tingkat global mengalami kenaikan 12 persen. Ini menunjukkan pemulihan industri di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Editor : Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Segera Meluncur, Intip Bocoran Spek Smartphone Realme C21Y

BERIKUTNYA

5 Destinasi Alam yang Menyimpan Cerita Legenda di Baliknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: