Konsol gim PS4 (Unsplash/Fabian Albert)

Waduh, Ribuan PS4 Pro Dipakai Untuk Menambang Kripto

14 July 2021   |   16:45 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ukraine Security Service (SBU) baru-baru ini menggerebek sebuah tempat penambangan kripto yang terletak di kota Vinnytsia. Tempat tersebut memanfaatkan ribuan PS4 Pro yang dipakai sebagai bagian upaya penambangan.

Menurut laporan lembaga tersebut, terdakwa dianggap bertanggung jawab karena mencuri hingga US$256.648 energi dari jaringan lokal, yang mereka sembunyikan dengan meteran listrik khusus.

Surat kabar Ukraina Kyiv Post, melaporkan bahwa terdapat kemungkinan kolusi dengan pejabat perusahaan listrik setempat. Akan tetapi, masih belum ada kabar apakah perusahaan listrik Vinnytsiaoblenergo akan didenda karena polusi dari operasional ribuan PS4 atau tidak.

Dalam sebuah pernyataannya, perusahaan tersebut menyangkal segala keterlibatan mereka dengan pihak tidak bertanggung jawab yang menjadi dalam penambangan kripto tersebut.
 
Ribuan PS4 Pro digunakan untuk menambang mata uang kripto (Ukraine Security Service)
 
Adapun, penggunaan PS4 Pro dalam operasional penambangan kripto dimungkinkan karena fleksibilitas mata uang kripto (criptocurrency) yang dapat ditambang oleh berbagai perangkat keras, dengan pengaturan yang tepat.

Dilaporkan bahwa total ada 3.800 konsol gim PS4 Pro yang digunakan dalam kasus penambangan di Ukraina tersebut. Dengan asumsi harga rerata perangkat adalah US$400, total modal yang dibutuhkan mencapai angka US$1,5 juta.

Jumlah tersebut belum termasuk biaya lain seperti listrik, hingga keamanan penambangnya karena berpotensi mengidap berbagai penyakit. Sebagaimana diketahui juga bahwa operasi penambangan kripto berbiaya mahal.

Operasi mendapatkan cryptocurrency memang merupakan upaya yang masih menguntungkan, tapi memiliki efek buruk pada lingkungan karena jejak karbon besar dan tuntutan energi yang dibutuhkannya sehingga dianggap tidak ramah lingkungan.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Entri Karya Lexus Design Award 2022 Sudah Dimulai, Yuk Cek Biar Menang

BERIKUTNYA

Ini Penampilan BTS Nyanyikan Permission to Dance Pertama Kali di Acara TV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: