Benjamin Oretega bersama salah satu anggota tim Green Rinjani (Dok. Benjamin Ortega/Instagram)

Viral, Pendaki asal Prancis Ini Angkut 1,6 Ton Sampah dari Gunung Rinjani

14 July 2021   |   12:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Persoalan sampah di beberapa gunung pendakian di Indonesia masih terus terjadi. Setidaknya hal itu dibuktikan oleh salah satu pendaki asal Prancis yang baru-baru ini berhasil mengangkut sebanyak 1,6 ton sampah dari Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pria asal Prancis bernama Benjamin Ortega itu akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan di media sosial berkat aksinya bersama salah satu agensi travel pendakian, Green Rinjani, yang bekerja sama untuk mengumpulkan sampah dari Gunung Rinjani.

Melalui unggahan di akun instagramnya, Benjamin mengatakan bahwa dia bersama tim berhasil mengangkut sebanyak 1,6 ton sampah dari Gunung Rinjani selama 72 jam.
 

“72 jam dan 1,603 ton sampah diangkut lalu kami kembali dari ekspedisi kecil kami. Saya masih tidak percaya apa yang baru saja kami lakukan dan betapa senangnya melihat misi ini diselesaikan dengan sukses,” tulisnya yang dikutip dari uggahannya di instagram (@benjaminortega), Rabu (14/7).

Selain itu, Benjamin juga menuliskan bahwa itu semua berangkat dari ide kecilnya untuk membuat gunung menjadi lebih bersih. Keinginannya itu pun akhirnya terwujud berkat kerja samanya dengan komunitas Green Rinjani.

Tak hanya itu, mereka juga melakukan penggalangan dana untuk mendukung misi sosial tersebut dalam hal menyediakan makan untuk para tim, biaya tiket taman nasional, serta asuransi demi keselamatan setiap orang dalam tim tersebut.

“Ini adalah perjalanan gila yang penuh dengan kenangan luar biasa, dan saya tidak sabar untuk membagikan vlog atau dokumenter lengkap yang saya rekam,” ungkap Benjamin.

Sementara itu, dia bersama tim juga telah mengadakan pertemuan dengan para pejabat dari kantor Taman Nasional Gunung Rinjani untuk membahas persoalan lingkungan itu dan bagaimana mereka bisa menyelesaikannya dalam jangka panjang.
 



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

BTS Bakal Ikut Meriahkan Acara Global Citizen Live

BERIKUTNYA

Begini Cara Seru Ajak Anak Berlibur Sambil Belajar selama Pandemi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: