Ilustrasi-Pavel Danilyuk (Pexels)

Hindari Makanan Ini untuk Kurangi Risiko Hipertensi

13 July 2021   |   12:58 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang buruk seperti makanan yang banyak mengandung gula bebas bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal itu juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke dengan merusak dinding arteri dalam tubuh.

Gula bebas adalah gula yang ditambahkan ke makanan atau minuman seperti selai, permen, biskuit, saus tomat kemasan, mayones, sampai dressing salad yang mengandung tambahan gula.
 

Ilustrasi makanan tinggi gula-Joanna Kosinska (Unsplash)

Ilustrasi makanan tinggi gula-Joanna Kosinska (Unsplash)

Mengutip Blood Pressure UK, makanan dengan tambahan gula cenderung tinggi kalori dan memberikan gizi yang sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali.

“Meskipun dengan mengonsumsi gula meningkatkan energi, itu juga akan menambah berat badan yang dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh,” tulis organisasi tersebut dikutip Hypeabis.id, (13/7).

Bukan hanya itu, asupan yang mengandung banyak garam juga akan semakin meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Normalnya, seseorang hanya boleh mengonsumsi garam kurang dari 6 gram sehari atau sekitar satu sendok teh.

Sebagai alternatif, melansir dari American Heart Association (AHA), kamu bisa memilih makanan yang mengandung banyak  nutrisi potasium yang dapat membantu meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah serta membantu menurunkan tekanan darah.

Buah-buahan, sayuran, makanan susu bebas lemak atau rendah lemak dan ikan merupakan sumber potasium alami yang baik bagi kesehatan tubuh seperti alpukat, sayuran hijau, jamur, jeruk, kacang polong, kismis, bayam, tomat, dan ikan tuna.

Selain itu, salah satu cara untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi juga adalah dengan teratur berolahraga yang mampu membuat jantung lebih kuat serta mengontrol tekanan darah dalam tubuh.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

5 Nutrisi Ini Wajib Ada dalam Menu Makan Ibu Hamil

BERIKUTNYA

Ini 7 Manfaat Teknologi 5G dalam Kehidupan Sehari-Hari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: