Ilustrasi internet 5G (Freepik)

Ini Dia Daftar Negara Dengan Internet 5G Tercepat

12 July 2021   |   14:20 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Korea Selatan merupakan negara pertama di dunia yang meluncurkan jaringan 5G nasional dan mereupakan pemimpin dalam penggelaran jaringan generasi kelima ini. Oleh sebab itu, tak aneh jika negara tersebut memiliki kecepatan internet 5G paling ngebut di dunia.

Data ini merupakan hasil dari analisis SpeedCheck yang melakukan pengetesan kecepatan jaringan 5G di seluruh dunia. Dalam laporan yang dirilis belum belum lama ini, Korea Selatan memiliki kecepatan internet standar untuk jaringan generasi kelima yang mencapai 449 Mbps.

Angka ini memungkinkan para penggunanya memanfaatkan berbagai layanan mutakhir yang ditawarkan oleh jaringan 5G misalnya gameplay yang lebih mulus dan cepat di gim daring hingga pengalaman AR dan VR yang lebih advance.

Di belakang Korea Selatan, negara yang memiliki koneksi internet 5G tercepat adalah Taiwan dengan 136,36 Mbps. Tempat ketiga diisi oleh Inggris yang mencatatkan kecepatan di angka 126,49.

Peringkat dari laporan SpeedCheck juga mencakup negara-negara lain seperti Jepang, Jerman, Austria, Swiss, Belanda, Australia, Kuwait, Kanada, Prancis, Itali, Spanyol, Singapura, Amerika Serikat, Thailand, Hong Kong, dan Polandia.
 
Perbandingan kecepatan 5G di beberapa negara di dunia (SpeedCheck)

 
Laporan itu juga membandingkan biaya 1 GB internet seluler di Korea Selatan dan Amerika Serikat. Hasilnya, pengguna 5G di Amerika Serikat membayar sekitar US$1,5 per 1GB sementara Korea Selatan sebesar US$2,3 per GB.

Pasar Smartphone 5G

Seiring dengan makin meluasnya jaringan 5G di dunia, perangkat ponsel pintar yang mendukung teknologi tersebut juga semakin banyak diminati. Berdasarkan laporan dari riset analis Canalys, akan ada 610 juta smartphone 5G yang dikirim ke pasar pada tahun ini.

Pangsa pasar ponsel pintar dengan kemampuan 5G juga diperkirakan meningkat menjadi 43 persen secara global. Naik dari angka 37 persen pada tiga bulan pertama tahun ini.

Selain itu, Canalys juga memprediksi angka tersebut akan terus naik pada tahun selanjutnya menjadi 52 persen. Artinya, smartphone 5G akan lebih banyak diproduksi dan dikirimkan ke pasar ketimbang smartphone 4G.

Salah satu alasan meningkatkan popularitas 5G adalah semakin banyaknya model dengan harga yang terjangkau. Segmen pasarnya juga beralih dari kelas premium ke kelas menengah hingga kelas entry level. Saat ini, sudah tersedia perangkat 5G dengan harga sekitar US$300.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ini Lho 5 Tanda Burnout & Cara Mengatasinya

BERIKUTNYA

5 Tips Ini Bisa Bantu Genhype Jaga Kesehatan dari Risiko Diabetes

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: