Captain awalnya dibuat lewat serial dalam majalah shonen Weekly Shonen Jump milik Shueisha sejak 1981 hingga 1988. (sumber gambar Twitter/ Shueisha)

Asyik, Manga Captain Tsubasa: Rising Sun Siap Menuju Arc Final

10 January 2023   |   16:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kabar gembira kembali menyapa para pencinta manga populer asal Jepang. Setelah beberapa waktu lalu manga One Piece karya Eiichiro Oda mengatakan sudah berada di Arc terakhir, kini giliran manga terkenal, Captain Tsubasa yang bakal mengakhiri petualangan karakter di dalamnya dalam waktu dekat ini.

Komik karya Yoichi Takahashi itu akan memulai arc final atau musim penghujung yang dijadwalkan terbit pada awal April 2023. Kabar tersebut dibagikan oleh edisi ke-15 majalah Captain Tsubasa terbitan Shueisha. Mereka mengatakan bahwa manga Captain Tsubasa: Rising Sun karya Yoichi Takahashi akan memulai Arc Final di edisi ke-16 majalah tersebut.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Captain Tsubasa, Animasi Jepang Ikonik untuk Pencinta Sepak Bola
 

Manga Captain Tsubasa: Rising Sun masih akan berkisah tentang Tsubasa yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade sebagai perwakilan dari Jepang. Mangaka Takahashi meluncurkan manga tersebut di majalah Grand Jump milik Shueisha pada Desember 2013. 

Tak berapa lama, manga tersebut kemudian dipindahkan ke majalah Captain Tsubasa, sebuah spin-off dari Grand Jump yang berfokus pada franchise tersebut saat diluncurkan pada April 2020. Shueisha juga menerbitkan volume ke-17 manga tersebut pada Agustus 2022.

Cerita mengenai Captain awalnya dibuat lewat serial dalam majalah shonen Weekly Shonen Jump milik Shueisha sejak 1981 hingga 1988. Selama tujuh tahun serialisasi tersebut juga berhasil menciptakan 37 volume individual atau tankobon dan beberapa sekuel manga.

Manga sepak bola ini sendiri berkisah tentang Tsubasa Ozora yang berusia 11 tahun, seorang anak laki-laki yang mencintai sepak bola dan diakui oleh pelatihnya Roberto karena keahliannya dalam olahraga tersebut. Tsubasa pun akhirnya pergi bersama pelatihnya ke Brasil untuk berlatih untuk Piala Dunia.

Beriringan dengan serialisasi itu, mangan Captain Tsubasa juga diadaptasi ke tayangan televisi anime oleh Tsuchida Production dan ditayangkan di TV Tokyo. Setidaknya ada 128 episode yang tayang selama tiga tahun dan empat film anime, drama panggung, dan sukses ditayangkan di puluhan negara dunia.

Popularitas Captain Tsubasa juga tak berhenti di situ saja, manga ini pun sempat diadaptasi ke dalam gim video pada 1988. Tapi, versi gim dengan lisensi aslinya mulai hadir sejak 1991 melalui Captain Tsubasa Vol. II: Super Striker. 

Setelah lebih dari 40 tahun, saat ini tak kurang juga  sudah ada lebih 20 gim yang memiliki lisensi mengenai game yang diambil dari cerita Captain Tsubasa, termasuk Captain Tsubasa -Rivals- dari Thirdverse Group dan BLOCKSMITH&CO. yang akan dirilis dalam bentuk gim Web3.

Tak hanya itu, manga Captain Tsubasa juga menjadi inspirasi beberapa pemain sepak bola dunia seperti Fernando Torres, Alessandro Del Piero, Ditto Francesco Cocco dan Zinedine Zidane. Pada 2019, Torres bahkan mengatakan kepada Daily Mail bahwa dia mulai bermain sepak bola karena menonton kartun Captain Tsubasa.

Sementara itu, dari sisi cerita spin-off manga Captain Tsubasa sendiri juga sempat diisukan akan segera menuju  pertempuran terakhirnya pada tahun ini. Tetapi, hingga sekarang pihak majalah belum mau membocorkan pertempuran di atas rumput hijau seperti apa yang akan dijalani oleh karakter utama manga tersebut. Jadi, mari kita tunggu saja  hingga April 2023.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

 

SEBELUMNYA

Cek Harga & Jadwal Pembelian Tiket TREASURE HELLO in Jakarta

BERIKUTNYA

Resep Fruit Sando, Sandwich Isi Buah Segar Ala Jepang yang Sedang Viral

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: