Ilustrasi Reels Instagram (Sumber gambar: Social Cut/Unsplash)

Cara Membuat Recap 2022 di Instagram, Yuk Bikin Video Akhir Tahun yang Estetik!

31 December 2022   |   08:31 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tidak terasa tahun 2022 akan segera berakhir. Yup, hari ini menjadi hari terakhir di 2022 nih Genhype. Biasanya akhir tahun tidak hanya menjadi momen perayaan, melainkan juga momen renungan bagi sebagian orang. Melihat kilas balik pencapaian dan resolusi yang ingin diwujudkan di tahun 2023 mendatang. Tidak sedikit orang yang melihat kilas baliknya melalui konten di media sosial.

Di era yang serba digital ini, rasanya kita sering membagikan momen-momen penting mulai dari yang bernuansa gembira hingga sedih di media sosial seperti Instagram. Nah, tidak ada salahnya nih untuk Genhype kembali melihat momen selama satu tahun ini dengan rangkuman video yang estetik.

Di Instagram, biasanya, video estetik ini banyak diunggah di menu Reels. Yup, Reels menjadi salah satu gebrakan Instagram menyambut survei yang melakukan lakukan bersama Populix. Dari survei yang ditemukan perusahaan Instagram bernama Meta, 73 persen dari 2.000 Gen Z seluruh Indonesia lebih menyukai konten video pendek yang dikonsumsi dari Reels.

Baca jugaCara Membuat Best Nine Instagram 2022, Bikin Kolase Foto Terbaikmu Sepanjang Tahun Ini!

Reels tidak hanya menjadi tempat membagikan video pendek, tetapi juga untuk membuat konten. Kamu bisa melakukan fitur editing apapun melalui Reels Instagram. Tersedia juga ragam template yang bisa digunakan untuk membuat konten semakin estetik.
 

Ilustrasi fitur Reels Instagram (Sumber gambar: June Aye/Unsplash)

Ilustrasi fitur Reels Instagram (Sumber gambar: June Aye/Unsplash)


Sama seperti platform media sosial lainnya, Instagram juga membuat fitur rangkuman konten akhir tahun yang dikenal dengan sebutan Recap 2022. Tren Recap ini sudah sering dilakukan pengguna media sosial setiap akhir tahun.

Pengguna akan mengunggah kejadian penting dengan potongan foto dan video yang dikemas sedemikian rupa. Selain mengandalkan transisi foto yang unik, video Recap juga diiringi dengan lagu yang cocok dengan tema dari momen setiap penggunanya.

Konten video Recap akan menampilkan beberapa kolase foto dan video yang digabungkan dalam sebuah video berdurasi pendek. Isi kontennya merangkum seluruh kejadian dan momen penting sepanjang 2022 yang pernah terunggah di Instagram.

Tidak perlu repot-repot mengadit secara manual, pengguna bisa memanfaatkan fitur template untuk membuat video pendek akhir tahun ini. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk bikin konten Recap 2022 di Instagram!
  1. Buka media sosial Instagram.
  2. Klik ikon Reels di bagian tengah bawah, maka akan muncul tampilan kamera depan dan ragam fitur Reels untuk membuat konten.
  3. Klik tulisan Templates di bagian bawah kanan menu Reels.
  4. Templates akan langsung menampilkan video editing Reels yang sedang trending.
  5. Pilih templates Recap 2022 sesuai dengan seleramu, lalu klik Use Template.
  6. Masukkan foto atau video sesuai dengan template dan durasi yang diinginkan.
  7. Jika sudah selesai, kamu bisa klik Next untuk melakukan preview sebelum konten disimpan dan diunggah.
  8. Jika masih belum puas dengan hasilnya, Instagram menyediakan fitur edit manual untuk menyesuaikan filter dan teks di video.
  9. Saat konten Recap sudah siap, kamu bisa klik Next.
  10. Lengkapi deskripsi Reels seperti cation, lokasi, hingga pemilihan sampul untuk tampilan depan video.
  11. Video Recap 2022 sudah siap, kamu bisa membagikannya dengan mengunggah Reels ke Instagram.
Baca juga: Instagram Notes, Fitur Catatan Singkat Serupa Status Media Sosial

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Aktivitas Seru Bagi Guru dan Murid Saat Libur Akhir Tahun

BERIKUTNYA

Mau Beli Kembang Api Untuk Tahun Baru? Yuk Kenali Jenis Kembang Api

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: