Ilustrasi handphone (Sumber gambar: Nordwood Themes/Unsplash)

Jangan Panik, Ini 5 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

03 October 2022   |   22:00 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Ponsel sebagai perangkat komunikasi merupakan gadget dengan tingkat pemakaian paling tinggi dalam kegiatan sehari-hari. Dengan intensitas penggunaan itu, tentu bisa menyebabkan pernagkat elektronik ini dapat rusak, seperti baterai cepat habis atau layar ponsel bergaris.

Memperhatikan kondisi kesehatan HP juga penting untuk mendukung kelancaran penggunannya. Kondisi HP bergaris biasanya merujuk pada penggunaan smartphone dalam waktu lama. Selain itu, ada faktor lainnya yang menyebabkan layar HP bergaris, seperti smartphone yang terjatuh, terendam air, atau tertekan.

Jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi layar HP bergaris yang bisa dilakukan sebelum kamu memperbaikinya ke counter service HP. Yuk simak Genhype!
 

Ilustrasi HP (Sumber gambar: Rahul Pandit/Pexels)

Ilustrasi HP (Sumber gambar: Rahul Pandit/Pexels)

 

1. Restart HP

Sebelum bertindak terlalu jauh, cobalah untuk melakukan restart pada HP kamu. Setelah sudah restart, lanjutkan dengan mengaktifkan fitur safe mode yang dapat ditemui pada bagian settings atau pop up saat menekan power di HP. Fitur safe mode berfungsi untuk menemukan sistem operasi yang salah atau trouble sehingga bisa menginformasikan jika ada kerusakan pada HP. Salah satu penyebab layar HP bergaris adalah sistem software yang eror, sehingga sebaiknya melakukjan restart terlebih dahulu.
 

2. Gunakan aplikasi LCD Fixer

Jika layar HP bergaris disebabkan oleh software yang sedang eror, kamu bisa mengunduh aplikasi LCD Fixer untuk HP android. Dilansir dari Tech Maina, aplikasi LCD Fixer bisa mendeteksi pixel yang rusak, memperbaikinya dengan cara menghilangkannya sehingga tampilan layar LCD kembali normal. Genhype bisa menemukan aplikasi LCD Fixer di Play Store.
 

3. Lakukan Factory Reset

Jika restart HP masih tidak bisa memperbaiki layar bergaris, cobalah untuk melakukan factory reset. Buka menu Settings, lalu klik cadangkan dan setel ulang. Kemudian klik tulisan Kembalikan ke Setelan Pabrik untuk menghilangkan garis pada layar HP yang disebabkan oleh kerusakan sistem.

Ilustrasi HP (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)

Ilustrasi HP (Sumber gambar: Mikhail Nilov/Pexels)
 

4. Matikan Show Pointer Location

Jika cara-cara diatas belum berhasil, coba untuk mematikan fitur show pointer location di menu opsi developer. Fitur ini akan membantu memberikan petunjuk lokasi dengan garis bidik melalui pointer yang ada di layar HP. Untuk mematikannya, masuk ke menu settings, lalu klik About Phone. Gulir ke bagain bawah hingga menemukan Build Number. Klik hingga tujuh kali dengan cepat hingga munculk tulisan Developers Option. Selanjutnya, klik fitur tersebut dan matikan pada bagian opsi Show Pointer Location.


5. Menekan layar LCD

Cara manual yang bisa dilakukan saat layar HP bergaris karena tertekan adalah menekannya kembali. Perhatikan bagian layar yang tampak tidak rata karena tertindih, kemudian tekan pada bagian layar yang bergaris dengan perlahan. Namun, hati-hati saat menekan HP ini karena bisa berakibat fatal seperti kerusakan sepenuhnya pada LCD. Bila ragu, kamu bisa segera mambawanya ke counter service HP ya!.

Genhype, itulah beberapa cara untuk mengatasi layar HP yang bergaris. Semoga membantu!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

7 Film Horor yang Tayang di Genflix, Awas Bergidik!

BERIKUTNYA

Waspada Resesi Ekonomi, Siapkan 5 Rencana Keuangan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: