Meita Irianty pemilik Sarian Skincare (dok. Meita Irianty)

Genhype, Ini Rahasia Sukses Berbisnis Online dengan Teknik Digital Marketing

25 June 2021   |   14:37 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang inginmemulai usaha, kini banyak peluang yang bisa dilakukan apalagi dengan berkembangnya bisnis online. Namun, yang perlu diingat bahwa saat memulai sebuah usaha, maka hal yang penting dilakukan adalah memperkenalkan produk ke masyarakat lewat teknik marketing.

Salah satu Mompreneur, Meita Irianty yang merupakan pemilik Sarian Skincare membagikan beberapa teknik marketing yang murah agar produk bisa dipasarkan dengan baik.

Sarian Skincare sendiri saat ini telah memiliki pengikut 115.000 followers di Instagram sejak bisnis tersebut resmi beroperasi pada 2019. 

Rahasia dari suksesnya bisnis milik Tata tersebut tak terlepas dari teknik marketing yang dilakukanya. Dalam bisnis online dia menyebutkan bahwa biaya marketing untuk bisnis online tidaklah besar karena hanya membutuhkan konten, foto hingga narasi soal produknya. Kemudian untuk memaksimalkan marketing, Tata mengambil anggaran 10 persen dari omzet untuk melakukan promosi dan pemasaran selama sebulan.

Biaya untuk marketing itu nantinya digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membiayai koordinator influencer, di mana tugasnya mencarikan selebgram untuk mengiklankan produknya.

Dia mengatakan biaya untuk menggunakan jasa endorse untuk sekitar 20.000 follower bisa memakan biaya Rp500.000 dan produk gratis untuk digunakan.

"Kami punya koordinator influencer untuk mencari selebgram yang katakanlah followers 20.000. Kami kasih produk dan fee maksimal Rp500.000, nanti all out impact-nya," katanya.

Selain itu, marketing juga dilakukan memaksimalkan penjualan. Seperti diketahui Sarian Skincare sendiri tidak menjual produknya langsung kepada pembeli. Tata sendiri memiliki beberapa distributor dan reseller untuk menjual produknya. Maka dari itu untuk meningkatkan penjualan, dia memberikan bonus bagi distributor dan reseller yang mampu memenuhi target penjualan.

"Bagi distributor yang mencapai pembelian hingga Rp20 juta bakal diberikan 1 gram emas, jadinya ini tambah semangat plus saya kasih potongan 5 persen. Untuk reseller saya kasih minigold 0,5 gram. ini masuk budget marketing," ungkapnya.

Kemudian Tata juga mengatakan marketing yang juga bisa berhasil dengan menggunakan personal branding, ketika dirinya juga menggunakan produknya sendiri sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli.
"Kemudian personal branding juga penting, sebab orang lebih percaya, pemiliknya pakai juga produk buatannya," katanya.

Tata mengatakan meski nantinya marketing tidak optimal meningkatkan penjualan, tetapi setidaknya brand awareness di masyarakat sudah mulai tumbuh yang berdampak pada produk yang dijual dikenal banyak orang


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Aktor Film Parasite Song-kang Ho Didapuk Jadi Juri Cannes 2021

BERIKUTNYA

Menjajal Keseruan Berwisata dengan Helikopter, Mau Coba?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: