Aliando Syarief (Sumber gambar: IG/aliandooo)

Apa Itu OCD, Penyakit yang Diderita Aktor Aliando Syarief?

29 August 2022   |   16:31 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Aliando Syarief mengungkap fakta mengejutkan bahwa dia mengalami ganggguan Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Pemilik nama lengkap Muhammad Ali Syarief tersebut menyebut gangguan terkait kesehatan mental tersebut tidak lepas dari kriminalitas yang terjadi di rumahnya.

Dalam laman YouTube Ricky Cuaca yang diunggah Minggu (28/8/2022), aktor kelahiran 1996 itu mengatakan dipaksa bekerja dan mendapat penyiksaan oleh orang terdekatnya. “Kalau bisa dibilang, kasus gue ini hampir ada namanya domestic abuse, kayak gue dipaksa untuk bekerja, menduiti mereka, kalau nggak, gue disiksa," ujarnya. 

Faktor itulah yang menyebabkannya terkena OCD. Namun, lepas dari kasus yang dialami Aliando, berikut pengertian dan fakta-fakta seputar OCD.
 

Fakta-fakta OCD

Psikiatri dari RS Pondok Indah dr. Zulvia Oktanida Syarif menerangkan OCD merupakan gangguan mental yang ditandai dengan adanya obsesi (pola pikir dan ketakutan yang tidak diinginkan) atau kompulsif (tindakan berulang). 

“Jadi bisa obesi saja, kompulsi saja, atau bisa keduanya. Namun sama-sama didiagnosis OCD,” ujarnya dikutip dari laman Instagram wanita yang kerap disapa Vivi ini, @dr.vivisyarif. 

Dia menjelaskan bahwa OCD berbeda dari kewajaran karena orang yang mengalaminya merasa pikiran dan tindakan berulang tersebut membuatnya menderita, menghabiskan banyak waktu, tidak bisa dikontrol, dan menganggu kehidupan. Sebagai contoh mencuci tangan hingga belasan kali ketika memegang suatu barang.
 

Faktor Risiko OCD

Menurut WebMD, faktor risiko OCD meliputi genetik, perbedaan fisik di bagian otak tertentu, depresi, kecemasan, pengalaman dengan trauma, riwayat pelecehan fisik atau seksual saat kecil. 

Kadang-kadang, seorang anak mungkin memiliki OCD setelah infeksi streptokokus. Hal ini disebut dengan gangguan neuropsikiatri pediatrik autoimun yang terkait dengan infeksi bakteri streptokokus. Bakteri Streptococcus umumnya hidup dan tumbuh di tubuh manusia tanpa menimbulkan penyakit yang serius.

Namun, beberapa tipe bakteri Streptococcus dapat menyebabkan infeksi, mulai dari yang gejalanya tidak begitu mengganggu hingga bisa membahayakan nyawa.
 

Tipe OCD

Vivi menyebut ada beberapa jenis OCD, seperti OCD kontaminasi, OCD tipe keteraturan atau simetri, OCD tipe bahaya, dan OCD tipe agresif atau kekerasan.
 
  • OCD Tipe Kontaminasi
OCD jenis ini berupa pikiran akan terkontaminasi virus, kuman, bakteri,  hingga terjangkit penyakit. Alhasil mereka melakukan tindakan komputasi seperti mencuci tangan berulang, mandi selama berjam-jam, membersihkan diri berjam-jam setelah buang air besar maupun kecil. 
 
  • OCD Tipe Simetri
OCD tipe ini adalah adanya pikiran bahwa benda atau segala sesuatu perlu teratur dan simetri. Mereka kemudian membolak-balik, merapikan susunan barang agar berurutan, tertata, dan simetris. 
 
  • OCD Tipe Bahaya
Ada pikiran akan terjadi bahaya, bencana, kebakaran, maupun kemalingan. Oleh karena itu penderitanya berulang kali mengecek pintu, kompor, colokan listirik, hingga melakukan ritual tidak logis agar tidak jadi bahaya seperti menghitung lantai atau mengetuk pintu. 
 
  • OCD Tipe Agresif
Adanya pikiran seksual, kekerasan ingin melukai hingga membunuh orang lain, tetapi pikiran ini tidak diinginkan dan membuat mereka menderita. Oleh karena itu, penderita OCD tipe ini biasanya melakukan ibadah beruang-uang atau ritual spiritual berulang untuk menghilangkan pikiran agresivitas, sebagai kompensasi pikiran negatif. 
 

Terapi

Vivi mengatakan bahwa untuk menangani orang dengan OCD, mencakup psikoterapi dan pengobatan menggunakan obat. “Konsultasi ke psikiater bila kamu sepertinya mengalami OCD. No self diagnosis,” tegas Vivi. 

Menurut WebMD, penderita juga bisa melakukan terapi relaksasi sederhana seperti meditasi, yoga, dan pijat, terutama jika faktor risikonya disebabkan oleh stres.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Perhitungan Usaha Paket Kemitraan Chic Lin Chicken, Ayam Goreng ala Taiwan yang Lagi Viral

BERIKUTNYA

Simak Cerita Seniman Mamedz tentang Perkembangan Ekosistem NFT

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: