Musik bisa tingkatkan suasan hati dan motivasi- Tirachard (Pexels)

Hari Musik Sedunia, Intip 5 Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental

21 June 2021   |   13:29 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kamu para pecinta musik mungkin sudah tahu kalau tanggal 21 Juni adalah perayaan World Music Day atau Hari Musik Sedunia. Perayaan ini diadakan setiap tahun untuk menghormati para musisi dan penyanyi atas karunia musik, yang memberikan imajinasi dan kehidupan pada segalanya.

Dikenal juga sebagai Fête de la Musique, perayaan ini pertama kali dirayakan pada  1982 pada Solstice di Prancis. Menteri Seni dan Budaya Prancis Jack Lange dan Maurice Fleuret memulai festival tersebut di Paris. Sejak saat itu, lebih dari 120 negara merayakan Hari Musik Dunia.

Nah, untuk merayakannya, simak yuk beberapa manfaat musik bagi kesehatan mental seseorang.

1. Tingkatkan suasana hati dan motivasi
Nada dan lirik musik yang bernuansa gembira akan mengubah atau meningkatkan suasana hati kamu dan bisa memberi energi positif untuk menjalani hari. Musik bertempo cepat juga bisa membuat tubuh kamu bergerak, sehingga kamu bersemangat dan termotivasi untuk menikmati apa yang sedang kamu hadapi. Para peneliti menunjukkan bahwa musik klasik memiliki manfaat terbaik untuk meningkatkan suasana hati, sementara musik metal dan elektronik keras dianggap memiliki efek sebaliknya.

2. Mengurangi stres
Kemampuan musik untuk menjadi pereda stres tidak boleh diremehkan. Musik yang lembut bisa memberikan stimulasi yang menenangkan bagi pikiran. Dalam hal ini, sebaiknya hindari musik rock atau metal yang keras untuk mengurangi stres. Jika kamu ingin menghilangkan stres, cari daftar putar yang berisi banyak musik dengan suasana yang lembut dan tenang.
 

Rupam Dutta (Unsplash)

Rupam Dutta (Unsplash)


3. Tingkatkan fokus
Salah satu dari banyak manfaat besar musik adalah dapat menjadi teman saat kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Mencoba untuk tetap fokus dan berkonsentrasi pada suatu aktivitas baik itu belajar atau bekerja bisa jadi sulit bagi sebagian orang. Jenis musik tertentu diketahui dapat meningkatkan fokus tetapi dengan catatan seseorang harus mengetahui terlebih dahulu musik mana yang tepat untuk meningkatkan fokus. Kamu bisa mencoba dengan mendengarkan musik instrumental klasik.

4. Membantu relaksasi
Memutar musik adalah cara sederhana untuk meningkatkan relaksasi karena musik melepaskan ketegangan pada otot kamu, menghilangkan stres atau kecemasan. Mendengarkan musik saat kamu tertidur juga merupakan cara yang efektif untuk bersantai dan mengurangi stres karena dapat membantu memperlambat pernapasan dan menenangkan pikiran.

5. Mengurangi kecemasan dan depresi
Terapi musik telah menjadi bentuk populer untuk mengobati kecemasan dan depresi. Itu adalah latihan dalam mendengarkan dan menyusun musik terapeutik untuk mempromosikan rehabilitasi fisik dan mental. Penelitian terbaru oleh David Lewis-Hodgson dari Mindlab International telah menunjukkan musik instrumental dan klasik dapat membantu mengurangi kecemasan hingga 65%.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Unggah Cuitan Misterius, SF9 Akan Comeback Perdana di Tahun Ini?

BERIKUTNYA

Batavia Collective Tafsirkan Suasana Jakarta di Konser Alur Bunyi 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: