Twitter (Unsplash/Jeremy Zero)

Begini Cara Mengecek & Menjauhkan Data Twitter Kalian dari Pengiklan

16 June 2021   |   15:59 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Genhype disini tentunya banyak yang menggunakan media sosial Twitter kan? Nah pada April tahun lalu, Twitter mulai membagikan lebih banyak informasi pengguna kepada pengiklan dengan pemberitahuan anyarnya. 
Pemberitahuannya menyatakan bahwa kemampuan pengguna untuk mengontrol pengukuran iklan aplikasi seluler telah dihapus. Pada dasarnya, ini berarti bahwa Twitter berbagi data seperti iklan yang kalian lihat dan identifikasi pelacakan telepon.

Sebelumnya, pengguna bisa menonaktifkan fitur ini tetapi setelah pemberitahuan tersebut, pengguna tidak lagi bisa melakukannya. Kecuali di beberapa negara Eropa dan Inggris yang memiliki perlindungan ekstra di platform digital. 

Akan tetapi nih, meskipun perlindungan itu telah ditiadakan oleh Twitter, masih ada beberapa tools privasi yang tersedia untuk mengukur seberapa banyak data kalian dibagikan dengan pengiklan.

Kalau kalian termasuk orang yang mengkhawatirkan isu privasi data, ada baiknya meluangkan waktu untuk menggunakan fitur tersebut. Dilansir dari The Verge, Rabu (16/6) berikut ini adalah langkah-langkanya :

Aplikasi Seluler Twitter :
- Klik tiga garis di sudut kiri atas
- Pilih 'Pengaturan dan privasi'
- Klik 'Privasi dan keamanan
- Pilih 'Personalisasi dan data'

Situs Web Twitter :
- Masuk ke akun kalian
- Masuk ke pengaturan
- Pilih 'Personalisasi dan data'

Selanjutnya, pada halaman 'Personalisasi dan data' kalian akan menemukan beberapa pengaturan yang memberikan izin kepada Twitter untuk lebih mempersonalisasi iklan menggunakan informasi identitas, lokasi, dan faktor lain.

Nah kalian dapat memilih untuk mengaktifkan salah satu pengaturan ini jika ingin. Tetapi jika tidak, gunakan pilih semua di bagian atas halaman untuk menonaktifkan semua pengaturan di halaman tersebut.

Cek Data Twitter: Jika kalian ingin melangkah lebih jauh dan memeriksa data lain yang diketahui Twitter tentang kalian, scroll ke bawah halaman 'Personalisasi dan data' lalu klik 'Lihat data Twitter Anda'. Pada bagian tersebut, ada beberapa informasi yang terlihat, sebagai berikut :

Akun: Ini adalah informasi dasar seperti nama, rentang usia, apakah akun verifikasi, bahasa lain yang digunakan.

Riwayat akun: Ada dua area pada bagian ini.  Pertama daftar akun lain yang memiliki akses ke akun kalian. Kedua daftar tempat yang pernah kalian kunjungi.

Aplikasi, perangkat & informasi: ini tempat kalian untuk menemukan beberapa perangkat dan browser yang mendapat info dari Twitter.

Aktivitas akun: Ini memungkinkan kalian untuk melihat akun apa yang telah kalian blokir atau nonaktifkan.

Minat & data iklan: Ada bagian minat dari Twitter yang memberi tahu tentang minat apa yang cocok untuk kalian berdasarkan aktivitas yang dilakukan.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Memahami Languishing & 4 Cara Mengelolanya

BERIKUTNYA

Fantasi Luar Angkasa Nicolas Ghesquière dalam Koleksi Louis Vuitton Resort 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: