Ilustrasi orang sedang memilih baju- (Sumber: Cottonbro on Pexels)

Gak Perlu Bingung, Ini 5 Tip Sebelum Thrifting Baju

07 May 2021   |   13:50 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kamu mungkin sudah pernah mendengar kata thrifting. Ya. Thrifting baju adalah kegiatan membeli barang bekas pakai atau second. Budaya thrift shop pun menjadi topik dan solusi yang ramai diperbincangkan di media sosial.

Kegiatan ini bisa menjadi alternatif dari industri fast fashion yang menghasilkan 10 persen dari  seluruh karbon emisi serta mencemari lautan dengan mikroplastik.

Di Indonesia sendiri, banyak sungai yang telah tercemar oleh limbah tekstil karena pengelolaannya yang tidak tepat lho.

Namun, kegiatan thrifting tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, kamu perlu menentukan produk yang sesuai dengan kebutuhan kamu dengan tepat. Jangan sampai karena kamu belum memiliki persiapan, kamu malah salah beli produk.

Genhype, berikut 4 tips yang perlu kamu tahu sebelum melakukan kegiatan thrift.

1. Catat apa yang kamu butuhkan
Sama seperti belanja kebutuhan bulanan, kamu pastinya harus mencatat apa yang diperlukan. Tujuannya untuk menghemat waktu dan menghindari membeli barang yang tidak dibutuhkan

2. Ketahui ukuranmu
Dalam kegiatan thrift shop, mencoba pakaian yang ingin kita beli di fitting room hampir susah ditemukan. Makanya, penting untuk mengetahui ukuran pinggang dan bajumu. Tip ini juga berguna untuk membeli baju di toko thrift online.

3. Pilih warna dan style yang benar-benar disukai
Beragamnya model yang tersedia, kadang membuat kita kebingungan atau menimbulkan keinginan untuk mencoba style baru. Pastikan kamu benar-benar suka dengan style-nya, agar pakaian itu tidak berakhir di tumpukan lemari kamu saja.

4. Periksa kembali barang yang akan kamu beli
Terkadang beberapa pakaian di toko thrift memiliki noda, atau ada bagian yang perlu dipermak. Pastikan kamu tahu hal itu sebelum membayarnya.
Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi kan? Happy thrifting, Genhype!

Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Goresan Cinta Antonius Kho Lewat Mix Media

BERIKUTNYA

Tren Kulit Sehat dan Makeup Natural Jadi Primadona di Musim Semi 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: