Facebook (dok. Firmbee Com)

Facebook Bakal Hadirkan Smartwatch, Genhype Tertarik?

12 June 2021   |   10:22 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jam tangan pintar atau smartwatch saat ini telah menjadi tren dan bagian dari gaya hidup banyak masyarakat. Banyak vendor, tak hanya dari perusahaan berbasis jam tapi juga teknologi, yang beromba-lomba menghadirkan perangkat terbaiknya.

Dari sekian banyak perusahaan itu, salah satunya yang juga bakal menghadirkan produk smartwatch adalah Facebook. Ya benar, jejaring sosial Facebook di bawah pimpinan Mark Zuckerberg. Perusahaan ini bahkan telah lama dikabarkan mengembangkan produk perangkat pintar.

Menurut laporan The Verge, dikutip Jumat (11/6), Facebook bakal menghadirkan perangkat jam tangan pintar yang memiliki layar dengan dua kamera yang dapat dilepas untuk mengambil gambar dan video, lalu membagikannya ke rangkaian aplikasi Facebook.

Satu kamera di bagian depan tampilan jam ada untuk melakukan panggilan video, sementara kamera kedua di bagian belakang dapat digunakan untuk menangkap rekaman hingga 1080p saat dilepaskan dari rangka baja di pergelangan tangan.

Sumber The Verge mengatakan bahwa perusahaan tersebut sedang mencari perusahaan lain untuk bekerja sama membuat aksesori guna memasang hub kamera ke tampat lain seperti pada ransel. Ide besarnya adalah mendorong penggunaan smartwatch seperti smartphone.

Ini merupakan bagian dari rencana Mark Zuckerberg untuk menghadirkan lebih banyak perangkat konsumen lain. Upaya ini dilakukan untuk menyaingi Apple dan google yang banyak 'mengontrol' kemampuan Facebook untuk menjangkau penggunanya.

Dalam upayanya ini, Facebook bekerja sama dengan operator nirkabel teratas di Amerika Serikat untuk mendukung konektivitas LTE di jam tangan pintarnya, yang berarti pengguna tidak perlu mengkoneksikannya ke ponsel pintar mereka.

Selain itu, sumber tersebut juga mengatakan bahwa smartwatch bakal hadir dalam tiga varian warna yakni putih, hitam, dan emas. Facebook menargetkan penjualan hingga 1 juta perangkat pada tahap awal. Sebagai perbandingan, Counterpoint Research mencatat bahwa Apple berhasil menjual 34 juta jam tangan pintar tahun lalu.

Dalam versi jam tangan pintar mendatangnya, Facebook juga berencana untuk menggunakannya sebagai perangkat input utama untuk kacamata augmented reality (AR) yang juga tengah dikembangkan. Bos perusahaan telah mengungkapkan optimismenya tentang produk ini.

Ketertarikan Facebook untuk menghadirkan smartwatch sudah ada sejak beberapa tahun lalu, ketika mereka mengakuisisi Fitbit pada 2019 sebelum Google akhirnya membeli pembuat perangkat kebugaran tersebut.

Sejak saat itu, Facebook telah menghabiskan sekitar US$1 miliar untuk mengembangkan versi pertama jam tangan mereka dan memiliki ratusan orang yang berupaya mengerjakan hal tersebut.

Sebelumnya, The Information juga melaporkan seorang juru bicara Facebook mengatakan bahwa perusahaan sedang membangun jam tangan pintar dengan fitur kesehatan dan perpesanan, tapi detail tentang spesifikasinya belum dilaporkan.

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Genhype, Sans Hotel Kini Sudah Ada di Bandung & Cirebon Lho!

BERIKUTNYA

Pertandingan UEFA EURO Turki vs Italia Malam Ini, Mola Hadirkan Dipha Barus

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: