Self healing merupakan sebuah proses penyembuhan luka batin atau mental yang dilakukan secara mandiri- Andrea Piacquadio (Pexels)

Intip Beberapa Cara Mudah untuk Lakukan Self Healing

10 June 2021   |   12:17 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setiap orang pasti pernah merasakan emosional berkepanjangan seperti kecewa, terluka, atau sakit hati dengan berbagai alasan. 

Agar hal tersebut tidak terus-terusan merundung kita, perlu beberapa usaha agar suasana hati bisa kembali baik dan tidak sedih terus-terusan.

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan sendiri untuk membantu menyembuhkan luka yang kita rasakan. Hal itu dikenal dengan self healing.

Self healing merupakan sebuah proses penyembuhan luka batin atau mental yang dilakukan secara mandiri. Nah, sebenarnya langkah-langkah apa saja sih yang bisa dilakukan dalam self-healing? Simak informasi berikut ya.

1. Tidur
Banyak orang yang masih bertahan dengan kebiasaan kurang tidur, padahal manfaat kesehatan dari tidur sangat penting. National Institutes of Health merekomendasikan 9-10 jam sehari untuk remaja dan 7-8 jam sehari untuk  orang dewasa. Tidur yang tepat bukan hanya akan membantu kamu sembuh dari suasana hati yang kurang baik tetapi juga akan memungkinkan tubuh berfungsi secara efisien.

2. Minum lebih banyak air putih
Ketika tubuh kamu tidak mendapatkan cukup air,  hal itu dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa menghambat proses self healing dan meningkatkan rasa lelah. Air berperan besar dalam mengantarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dalam tubuh serta memberikan perlindungan bagi organ dan jaringan tubuh.

3. Makan makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi juga dapat membantu kamu ketika sedang berupaya self healing dengan mengembalikan energi tubuh. Makanan bergizi adalah yang kaya akan zat gizi mikro seperti vitamin dan mineral dan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 

4. Jadilah positif
Seringkali menjadi positif lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, ketika kamu mengalihkan pikiran ke aspek yang lebih positif, secara tidak langsung sebenarnya tubuh kamu telah merespon rasa sakit yang kamu alami. Berpikir positif dapat didefinisikan seperti berfokus pada apa yang baik tentang diri kamu, orang lain dan lingkungan sekitar. Seringkali, satu-satunya hal yang dapat kita ubah adalah sikap kita merespon sesuatu. Berpikir positif dapat membuat kamu baik-baik saja.

5. Berolahraga secara rutin
Olahraga yang teratur sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental kamu. Olahraga juga bisa meningkatkan energi kamu dengan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Hal itu juga membantu meningkatkan suasana hati kamu secara keseluruhan dengan membuat kamu lebih santai dan bahagia. Saat memulai rutinitas olahraga, penting untuk memulainya secara perlahan.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Ine Aya': Opera Anak Bangsa yang Angkat Isu Deforestasi Kalimantan

BERIKUTNYA

Cek, Ini Daftar Lengkap Perangkat Apple yang Kebagian Sistem Operasi Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: