Love and Monsters (2020)

27 March 2022   |   21:17 WIB

Like
Hidup di dalam bungker bersama orang lain selama tujuh tahun.? Adanya sebuah asteroid bernama Agatha 6-1-6 yang mengancam bumi membuat seluruh umat manusia bersatu untuk menghancurkan asteroid dengan menggunakan roket. Mereka berhasil meledakkan asteroid tersebut, sayangnya hal itu malah membuat bumi menjadi tempat yang berbahaya. Senyawa kimia dari roket yang meledak tersebar ke seluruh dunia dan mengubah hewan-hewan di bumi menjadi monster yang mengerikan.

Film ini di sutradarai oleh Michael Matthews dan dibintangi oleh aktor Dylan O’Brien. Ia berperan sebagai Joel Dawson. Joel Dawson mempunyai karakter yang penakut bahkan ia belum pernah membunuh monster sebelumnya. Ia rela berpetualang melewati monster-monster demi memenuhi kerinduannya dengan kekasihnya hatinya semasa SMA, Aimee (Jessica Henwich). Selama berada di bungker bertahun-tahun, Joel merasa dirinya tidak berguna. Ia merasa tidak berguna bagi koloninya. Puncaknya ketika Joel memutuskan untuk meninggalkan bungker itu untuk menemui Aimee yang berjarak 85 mil darinya.

Sampai akhirnya Joel memutuskan untuk keluar dari bungker itu untuk menemui Aimee kekasihnya semasa SMA. Membutuhkan waktu minimal tujuh hari jika ia ingin pergi ke tempat Aimee berada. Perjalanan Joel dan keputusannya untuk keluar dari kelompok demi mencari sang pujaan hati menunjukkan sifat kedewasaan dan perkembangan dari diri Joel. Selama bertahun-tahun tinggal di bungker ia hanya menjadi seorang koki. Ia merasa tidak dibutuhkan dan tidak bisa berbuat apa-apa di bungker. Sampai akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari bungker untuk bisa hidup dengan orang yang ia kira bisa membahagiakannya.

Cerita terus berlanjut saat Joel bertemu dengan seekor anjing yang bernama Boy. Pertemuan antara Joel dengan Boy memberikan Joel pengalaman untuk berani menghadapi ketakutannya selama ini. Joel dan Boy juga sama-sama merasa kesepian. Joel merasa dirinya tidak berguna dan bahkan ia menggangap orang-orang dikoloninya tidak ada yang peduli dengannya sedangkan Boy merasa kesepian karena telah ditinggal oleh pemiliknya. Pertemuan mereka ini terjadi saat Boy menolong Joel yang ia kira adalah pemiliknya. Joel di serang oleh Chumbler atau seekor katak yang sudah bermutasi.

Di bagian ini juga menunjukkan kesetiaan seekor anjing kepada pemiliknya. Pada saat Joel ingin melanjutkan perjalanannya, Boy menghampiri Joel yang mengisyaratkan bahwa ia ingin ikut pergi bersama Joel. Joel menyetujui hal itu dan Boy tetap ingin membawa gaun merah pemiliknya itu. Ketika Joel ingin mengambil gaun merah yang digigit Boy untuk dimasukkannya ke dalam tas, Boy sedikit menggeram dan menahan gigitannya. Terlihat ia sangat sayang kepada gaun merah dari pemilik Boy dulu.

Dilanjutkan dengan pertemuan mereka dengan Minnow (Ariana Greenblatt) dan Clyde Dutton (Michael Rooker). Lagi dan lagi pertemuan mereka ini karena Joel sedang dalam masalah. Kali ini Joel yang terlalu fokus memperhatikan buku diari bergambar miliknya membuatnya jatuh ke sarang Sandgobbler. Clyde dan Minnow yang kebetulan lewat itu pun menolong Joel akibat teriakan Joel yang seperti perempuan, kata Minnow. Tak disangka buku milik Joel ini justru sangat berguna bagi orang lain. Buku diari ini berisi informasi tentang monster yang pernah Joel temui, seperti bentuk dari monster tersebut, kelemahan, kekuatan dan lain-lain.

Pertemuan Joel dengan Minnow dan Clyde memberikan banyak pengetahuan dan pembelajaran baru, seperti bagaimana cara bertahan hidup dan jenis-jenis monster lainnya di luar sana. Tentu saja ini sangat berguna untuk informasi di buku Joel yang sedang ia buat.

Pertemuan Joel dan rekan-rekan barunya tersebut membuatnya berhasil bertemu kembali dengan Aimee. Sayangnya pertemuannya dengan Aimee tidak seperti yang Joel harapkan. Aimee berkata bahwa, berbicara dengan Joel adalah pelarian yang sangat menyenangkan dari tekanan mengurus koloni.” Diketahui memang Aimee berada di koloni yang berisikan orang-orang yang sudah berumur. Sehingga ia yang harus bertanggung jawab atas semuanya.

Tetapi jika Joel tidak memutuskan untuk bertemu dengan Aimee. Jika ia memutuskan untuk move on dari Aimee. Joel sebagai pemeran utama tidak akan ada perkembangan dari dirinya. Akibat petualangannya itu ia menjadi lebih berani dan tidak sepenakut dulu. Pengembangan karakter utama ini terlihat dari dorongan hati yang kuat untuk menemui Aimee.

Jika Joel memutuskan untuk move on ia juga tidak bisa bertemu Mav1s yang selama ini ia temui di bungker hanyalah sebuah robot dengan bongkahan besi tua. Ilmu-ilmu dan pengetahuan yang ia dapatkan dari pengalamannya itu juga tidak akan pernah ada di buku diari miliknya. Dengan perjalanannya itu juga membuat Joel tersadar bahwa orang-orang yang bersamanya di bungker selama ini peduli dengannya. Selama ini Joel hanya berfokus kepada Aimee. Ia mengira hanya Aimee lah yang peduli kepadanya. Bahwa hanya Aimee yang bisa membahagiakan dirinya.

Aimee merupakan orang yang realistis, Aimee sudah tidak lagi seperti yang dulu. Akibat perubahan dunia membuatnya turut mengubah kehidupannya yang sekarang. Ia sudah tidak lagi terikat kenangan manis dulu bersama Joel. Hal itu juga membuatnya berada di zona nyaman yang mengakibatkan kurang waspada terhadap masalah yang akan terjadi di sekitarnya.

Monster yang dibuat pada film ini juga masih nyaman untuk ditonton karena bentuknya tidak begitu menyeramkan dan masih memperlihatkan gambaran hewan sebelum terinfeksi senyawa kimia. Film ini merupakan film yang menyenangkan untuk ditonton, bisa menghibur dan dapat disaksikan dengan santai karena konfliknya yang tidak terlalu rumit.