Mental Health? Film Kukira Kau Rumah ini wajib kamu tonton!

27 March 2022   |   20:31 WIB

Like
Film Kukira Kau Rumah di rilis pada 3 Februari 2022. Film ini merupakan film yang mengangkat isu kesehatan mental. Prilly Latuconsina, produser sekaligus menjadi pemeran utama yang berperan menjadi Niskala dalam film yang disutradarai oleh Umay Shahab. Film ini sukses membuat heboh warganet karena muncul ditengah pandemi yang melanda dan banyak juga orang-orang yang terkena mental. Mungkin bisa dibilang film ini relate dengan beberapa kalangan remaja di Indonesia. Film Kukira Kau Rumah juga berhasil memperoleh banyak penonton karena trailernya yang menarik dan banyak reviewer dalam platform TikTok. 

Diceritakan dalam film yang bertema mental health ini sesosok karakter yang lemah, gadis perempuan bernama Niskala yang mengidap bipolar disorder, dia orang yang sangat perfeksionis dan bisa dibilang dia juga orang yang cukup egois terhadap opini nya sendiri.  Niskala mempunyai dua sahabat yang sudah  menemaninya sedari ia kecil yaitu Dinda yang diperankan oleh Shenina Cinnamon dan Oktavianus yang diperankan oleh Raim Laode.

Dalam cerita tersebut sosok Niskala mengalami banyak kendala dalam menjalani kehidupan sosial maupun keluarga. Awalnya Niskala adalah anak yang periang dan sangat hyperactive dan suatu hari tiba-tiba terjadi hal aneh yang dirasakan oleh kedua orangtua Niskala. Akhirnya Niskala dibawa ke psikiater untuk diperiksa, dan ternyata benar, Niskala mengidap penyakit bipolar disorder. Niskala tidak terima bahwa ia di diagnosis pernyakit tersebiut.  Karena kejadian tersebut, orang tua Niskala menjadi overprotective hingga ia dilarang melanjutkan kuliah oleh ayahnya di karenakan takut akan terjadi hal yang tidak di inginkan karena penyakit yang Niskala alami. Tiap hari ia harus meminum beberapa obat yang menurutnya itu adalah hal yang tidak perlu ia lakukan, karena Niskala merasa ia sehat dan normal layaknya manusia biasa.

Orangtuanya menitipkan Niskala kepada kedua sahabatnya yaitu Dinda dan Oktavianus yang sudah sangat dipercayai sejak mereka masih kecil. Karena adanya dua sahabat tersebut akhirnya Niskala diperbolehkan untuk melanjutkan kuliah dengan syarat harus langsung pulang ke rumah jika kuliah sudah selesai. Saat dikampus, Niskala bertemu dengan seorang pria bernama Pram. Dari situ muncullah benih cinta Niskala kepada pria tersebut. Sosok pram dalam film ini adalah seseorang yang sangat menyukasi dunia seni khususnya seni musik. Dia membuat banyak lirik dan salah satunya berjudul Niskala, semenjak ia bertemu Niskala. 

Semenjak bertemu Pram, hidup Niskala jadi pernuh warna dan tawa. Tetapi Niskala jadi sering berbohong kepada ayahnya. Untung ibu Niskala adalah sosok ibu yang pengertian dan tau anaknya membutuhkan hal tersebut. Di sebuah cafe Niskala akan mengadakan pertunjukan music bersama Pram. Secara tiba-tiba ayahnya juga datang ke cafe tersebut, dan boom! pecah suara amarah ayahnya kepada Niskala. Niskala merasa sangat tertekan dan kabur ke rooftop suatu bangunan. Niskala berencana bunuh diri dan pada akhirnya yang bunuh diri yaitu Pram, karena ia tidak bisa melihat Niskala menderita. 

Menurut saya film tersebut tepat sekali untuk diangkat dan hebat sekali seorang Umay Shahab yang bisa dibilang masih muda menyutradarai film yang bertemakan mental health. Sebenernya film ini tuh rekomendasi banget untuk ditonton untuk berbagai kalangan usia khususnya di kalangan para remaja. Kita bisa lihat bagaimana karakter yang mempunyai penyakit tersebut survive dengan keadaan sekitar. Tapi sangat disayangkan sekali, ekspektasi yang saya ingin dapatkan dari film tersebut kurang sesuai. Karena saya kira, film ini akan full menceritakan perjuangan seseorang yang mengidap penyakit bipolar, tapi nyatanya ini hanya kisah percintaan seorang gadis dengan sesosok pria yang juga merasa kesepian karena ibunya yang terus bekerja dan jarang ada di rumah. 

Kukira Kau Rumah ini cukup menarik perhatian banyak insan karena masalah topiknya. Nyatanya film ini overrated dan tidak sesuai harapan. Tapi banyak juga yang bilang bahwa film seru dan wajib untuk ditonton. Seru lumayan mudah dicerna alur ceritanya, saat menonton kita disuguhkan dengan alur yang menarik. Fokus menjadi kunci utama penonton agar mengerti isi ceritanya. Sudah bagus dan keren menurut saya. Hanya di ending kurang sih, greget dan gantung banget ending nya. Karena tiba-tiba pemeran pria nya bunuh diri. Tidak tau saya yang tidak mengerti atau memang sengaja dibuat ending seperti itu. Kita tidak ada yang tahu. 

 Intinya film ini mengangkat isu mental health dan kisah seseorang yang mengidap penyakit Bipolar. Layak untuk ditonton, dan cobain deh sensasi waktu pemeran utama yaitu Prilly Latuconsina emosi di scene pertengahan.

Sekian review dari saya tentang film Kukira Kau Rumah by Umay Shahab yang mengangkat tema psikologis, semoga bermanfaat dan jikalau ada salah kata mohon dimaklumi. Sekian terimakasih.