FREE GUY : Film Action Comedy dengan Konsep Baru

27 March 2022   |   09:28 WIB

Like
Film Free Guy merupakan salah satu film yang banyak ditunggu oleh movielovers di tahun 2021. ditulis oleh Matt Lieberman dan disutradarai oleh Shawn Levy, genre yang diangkat pada film ini adalah action comedy. Banyak bintang aktor hollywood yang hadir dalam free guy yaitu Ryan Reynolds, Jodie Comer, Lil Rel Howery sampai director yang sering ikut menjadi aktor Taika Watiti ada di film ini.
Sinopsis Film ini bercerita tentang seorang laki - laki bernama Guy (Ryan Reynolds) yang merupakan salah satu karakter disebuah game online yang bekerja sebagai teller bank. Namun dirinya bukanlah berperan sebagai karakter utama di dalam game tersebut melainkan npc (non player character) atau karakter yang sudah di program kegiatannya oleh pembuat game. Sampai suatu saat player bernama Millie (Jodie Comer) datang ke tempat kerja Guy untuk melakukan misi merampok. Millie membuat Guy tertarik dan mulai mengikuti dirinya berkeliling di game tersebut, disinilah cerita Guy mencari keinginan dirinya dimulai.
Sutradara Shawn Levy yang sudah banyak menggarap film dengan tema fantasi action berhasil membawa penonton ke dalam dunia game dan merasakan bagaimana kalau kita memiliki kehidupan yang sudah diprogram dan mengulangnya setiap hari. Salah satu detail yang sukai adalah ketika ada karakter nenek yang selalu berbicara hal yang sama setiap saat mirip seperti ketika bermain game dan berinteraksi dengan karakter game tersebut. Selain itu latar film yang dipilih pun menjadi nilai plus karena sangat mirip dengan game yang beredar di masa sekarang. Perpaduan latar set dan cgi nya juga seimbang dan tidak berlebihan sehingga terkesan menyatu dalam mata penonton.
Ryan Reynolds yang memerankan tokoh utama juga sukses membawakan karakter Guy dalam film ini, dari awal Guy yang tidak memiliki tujuan sampai diakhir film menjadi tokoh utama dapat dimainkan dengan baik oleh Ryan Reynolds. Selain itu candaam khas Ryan Renolds membuat kita nyaman menonton, berbeda jauh dengan film deadpool yang memiliki candaan yang sarkas dan dewasa di film free guy ini Ryan Renolds lebih menurunkan candaan nya dan mirip dengan film komedi kebanyakan di Hollywood.
Tidak hanya Ryan Renolds yang bermain baik, lawan mainnya yaitu Jodie Comer juga memerankan Millie dengan baik. Comer yang biasa bermain di film action serius dapat merubah karakter nya menjadi perempuan yang lebih humoris namun tidak meninggalkan kesan seriusnya. Antagonis pada film ini yaitu Taika Watiti berhasil membuat saya geram dengan tingkah lakunya yang sombong dan mudah marah.
Ada hal lain yang ingin saya soroti yaitu banyaknya referensi dalam film ini. Mulai dari referensi film seperti star wars dan endgame sampai referensi game Grand Theft Auto. Berbagai referensi yang ada tidak membuat film ini menjadi cringe namun kita jadi lebih merasakan tema fantasi disini dan membuat kita tertawa karena hal itu. Selain itu film ini juga menyampaikan kritik yang terjadi di dunia nyata, bagaimana orang - orang bersikap bar bar di game sementara di dunia nya hanya seorang yang pendiam.
Film free guy juga memiliki pesan yang mendalam, kita sebagai manusia harus memiliki tujuan dan keinganan dan kita harus berusaha untuk mendapatkannya. Seperti Guy dalam film ini yang terus berusaha menemukan jati dirinya walaupun selalu gagal dan mengacau. Film ini juga mengajarakan kita harus berani dalam bertindak khususnya dalam menyampaikan perasaan seperti yang dilakukan Keys saat dirinya mengakui suka kepada Mille.
Terakhir film ini sangat dirokemdasikan bagi kalian yang suka tema action comedy dan bagi yang ingin merasakan hidup di sebuah game open world. Kosistensi yang diberikan dari penulis naskah, sutradara dan para aktornya di film ini juga membuat saya betah menonton sampai akhir. Walaupun film ini hanya seperti parody berbagai game namun naskah yang ditulis mampu membuat penonton lebih nyaman menonton sehingga unsur parody nya yang harusnya menjadi utama rasanya hanya sebagai pelengkap di film. Mungkin banyak film action comedy yang lebih baik dari ini namun Free Guy memiliki ciri khas dan tidak bisa ditiru film lain.