The Adam Project (2022): Aksi Ryan Reynolds Kembali ke Masa Lalu, Penggemar Film Time Travel Wajib Nonton!

23 March 2022   |   14:17 WIB

Like
Penggemar film bertema time-travel wajib nonton The Adam Project (2022). Film besutan Shawn Levy yang dibintangi Ryan Reynolds ini bisa ditonton di platform streaming Netflix.
Film yang dirilis 11 Maret 2022 ini menceritakan Adam Reed (Ryan Reynolds) di tahun 2050, seorang pilot pesawat canggih yang sedang dalam pelarian. Reed yang sempat tertembak saat dalam pelarian, berhasil lolos menggunakan mesin waktu yang tak sengaja membawa dia kembali ke tahun 2022. Di mana dia bertemu dirinya versi remaja yang berumur 12 tahun, diperankan oleh Walker Scobell.  Bukan tahun 2022, tujuan Reed dewasa sebenarnya adalah tahun 2018, di mana istrinya Laura Shane (Zoe Saldana) melakukan perjalanan waktu namun tidak kembali.

Reed dewasa yang terjebak di tahun 2022 dan masih cidera ini, mau tak mau harus tinggal sementara di tahun 2022. Dia dirawat oleh Reed remaja di gudang yang memiliki memori masa kecil mereka dengan ayahnya.

Dalam masa pemulihannya, Reed dewasa tak sengaja melihat ibunya, Elia Reed yang diperankan oleh Jennifer Garner di bar. Elia yang tidak mengetahui itu anaknya tanpa sengaja ‘curhat’ ke Reed dewasa soal Reed remaja. Bagaimana Reed remaja merasa kehilangan ayahnya yang belum lama meninggal. Reed dewasa pun memberi saran yang sebenarnya adalah untuk dirinya masa kecil. Reed dewasa pun akhirnya menghilang dari Elia karena sadar akan berbahaya jika mereka lebih lama bertemu.

Reed dewasa yang masih butuh waktu memulihkan tenaga ini mau tak mau harus bergegas kembali ke jet mein waktu dan lompat ke tahun 2018. Reed dewasa yang terus dikejar Maya Sorian (Catherine Keener) dan anak buahnya, terpaksa harus membawa Reed remaja dalam misinya.

Di tahun 2018, Reed dewasa dan Reed remaja bertemu Dr Louis Reed (Mark Ruffalo) yang adalah ayah mereka. Kembali, emosi penonton dipaksa berubah dari menegangkan menjadi haru. Reed dewasa dan Reed remaja ini tak kuasa menahan perasaan bahagia sekaligus sedih saat melihat ayah mereka. Karena mereka tahu, apa yang akan terjadi pada ayah mereka.

Reed dewasa dan Reed remaja yang awalnya hanya bertujuan menyelamatkan Laura, kini diperhadapkan dengan fakta yang lebih besar. Alih-alih menyelamatkan Laura, Reed dewasa harus menentukan pilihan yang sulit antara istrinya atau menyelamatkan dunia. Petualangan Reed dewasa dan Reed remaja dibantu ayah mereka dalam menyelamatkan masa depan ini dipenuhi aksi laga, ledakan, bahkan light-saber ala Star Wars! Tentu saja diselingi ocehan-ocehan lucu Ryan Reynolds yang juga memerankan Deadpool ini.

Film ini sebetulnya bukan kali pertama Reynolds bekerja sama dengan Shawn Levy. Sebelumnya, tahun 2021 mereka berkolaborasi dengan film fiksi berjudul Free Guy (bisa disaksikan di Disney Plus Hotstar). Shawn Levy juga dikenal dengan sejumlah karyanya yaitu Night at the Museum, Reel Steel dan Stranger Things. Bahkan, Levy juga dikabarkan akan menggarap Deadpool 3 di bawah Marvel Cinematic Universe.

Walaupun mungkin tidak bisa menandingi film bertema time-travel legendarsi macam Back to the Future, The Adam Project cukup mendapat review yang tidak buruk dari kritikus. Di IMDB film ini diberi rating 6.8/10, tak jauh beda dengan Rotten Tomatoes yang memberi predikat 68% di Tomatometer dan 77% untuk audience score.

Film sci-fi bergenre adventure-action-comedy berbudget USD 116 juta ini di Indonesia sempat nangkring di nomor 1 paling banyak ditonton. Menurut Forbes, The Adam Project sudah mencapai 90 juta jam penayangan di Netflix di pekan debut. Walaupun masih kalah dengan Don’t Look Up (Leonardo DiCaprio, Himesh Patel, Jennifer Lawrence) dan Red Notice (Ryan Reynolds, Gal Gadot, Dwane Johnson) yang ada di angka lebih dari 100 juta jam.  

The Adam Project bisa menjadi salah satu hiburan menonton film ringan yang dibumbui drama keluarga dan aksi laga. Unsur komedi di film ini juga cukup membuat penonton tertawa sembari mengikui petualangan Reed. Film ini berdurasi 1 jam 46 menit diberi kategori rating PG-13 atau 13 tahun ke atas.