Kaya Akan Tradisi dan Budaya : Tarung Sarung (2020)

20 March 2022   |   18:45 WIB

Like
Tarung Sarung (2020) : Review Film
 
Judul : Tarung Sarung (2020)
Sutradara : Archie Hekagery
Cast : Panji Zoni, Yayan Ruhian, Maizura
 
IMDb : 6,3/10
 
Honest Review
Oleh Farhan Jamil
 
1. Cerita Singkatnya
 
Bercerita tentang seorang anak orang kaya yang punya perusahaan besar di Indonesia, bernama Deni Ruso (Panji Zoni), yang sombong dan legeg karena ia merasa dengan uang ia mampu menyelesaikan masalah apapun. Dan bahkan saking polontongnya ia tidak percaya dengan adanya Tuhan.
Ibunya kesal dengan perilaku Deni yang seperti itu, akhirnya ia memutuskan menyuruh Deni pergi ke Makasar untuk menangani proyek cabang perusahaannya tengah berlangsung disana.
 
Di Makasar ia berjumpa dengan seorang gadis bernama Tenri (Maizura) seorang aktivis lingkungan. Dari perjumpaannya Deni jatuh hati pada gadis Bugis tersebut. Tenri tengah dalam lingkar masalah, ia dilamar oleh orang yang tidak ia sukai bernama Sanrego (Cemal Faruk) yang dia adalah seorang juara bertahan bela diri Tarung Sarung. Supaya Sanrego tidak menikahi Tenri, Deni harus mampu mengalahkan Sanrego dalam ajang pertandingan Tarung Sarung.
 
Dengan tekadnya ia mencari guru untuk mengajarkannya bela diri tersebut, sampai akhirnya ia bertemu dengan legenda Tarung Sarung disana yaitu Pak Khalid (Yayan Ruhian). Dengan keseriusannya dalam menjalani latihan walau kerap merasa bosan dan merasa aneh, Deni akhirnya mampu menguasai bela diri tersebut dengan cukup baik dan juga kembali percaya pada Tuhan. Tapi mampukah ia mengalahkan sang juara bertahan yaitu Sanrego Hmm...
 
2. Banyak aktor pendatang baru
 
Di film ini banyak menampilkan aktor - aktor pendatang baru, dan harus jujur menurutku aktingnya rada kirang. Memang tidak bisa dikatakan mudah bagi Panji Zoni yang memerankan Deni Ruso, dan jika dilihat dari perjalanan karirnya di film, Tarung Sarung adalah film layar lebar keduanya. Ada Maizura yang memerankan tokoh Tenri, jika dilihat dari latar belakangnya ia seorang penyanyi, jebolan salah satu ajang pencarian bakat menyanyi tahun 2016 dan Tarung Sarung menjadi film keempatnya.
Pemeran Gogos (Doyok Superdj), Tutu (Jarot Superdj) dan Kanang (Hajra Romessa) yang juga masih sangat terlihat kaku. Tapi jika dilihat secara keseluruhan, okelah. Good.
 
3. "The Karate Kid" gak sih?
 
Sulit untuk tidak berkata mirip dengan salah satu film legendaris satu ini, yap.. The Karate Kid (1984)*. Bercerita tentang anak muda yang tak pandai bela diri, lalu mencari guru untuk belajar dan mampu menjadikannya jagoan dalam karate, hingga akhirnya ia benar - benar jago dan memenangkan kompetisi. Bahkan sampai pemeran utamanya pun agak mirip, Deni Ruso dan Daniel Larusso dalam film The Karate Kid, hmm?..
 
Mungkin betul film The Karate Kid menjadi salah satu inspirasinya, ditambah ada satu adegan dalam film Tarung Sarung ketika Tenri mengajak Deni Ruso ke salah satu ruangan dirumahnya yang penuh dengan barang - barang jadul tahun 80an, disana ada poster Film The Karate Kid yang Tenri sebut sebagai film favoritnya bersama bapak.
*bukan The Karate Kid (2010) yang Jaden Smith sama Jackie Chan
 
4. Kaya akan tradisi dan budaya
 
Seperti judul dari filmnya, Tarung Sarung adalah salah satu tradisi turun temurun dari suku Bugis. Jika seorang pria Bugis punya masalah dengan seseorang mereka akan menyelesaikannya dengan bertarung satu lawan satu didalam kain sarung tidak main keroyokan, adalah istilah Sigajang Laleng Lipa yaitu jika salah seorang pria Bugis dipermalukan harga dirinya maka ia akan bertarung didalam sarung tapi dengan menggunakan Badik (salah satu senjata tajam khas Suku Bugis) dan semuanya disampaikan dengan sangat menarik. Adapun yang lainya seperti tradisi "pindah rumah" dengan menggotong rumah oleh puluhan orang, ada istilah Uang Panai, yaitu mahar yang harus dipenuhi seorang laki-laki untuk meminang seorang perempuan, dan lagi semuanya disampaikan dengan sangat baik.
 
5. Sentilan Agama
 
Ada beberapa adegan yang sarat akan makna religi, seperti salah satu scene di pantai saat Deni bertanya kepada Tenri kenapa perempuan Muslim mengenakan pakaian tertutup. Tenri menjawab menjawab pertanyaan itu dengan cukup elegan, yaitu dengan menganalogikannya kepada sebuah permen yang ia buka bungkusnya lalu ia lemparkan ke atas pasir dan menyuruh Deni untuk memakannya. Keren sih.
 
Rate pribadi : 6,5/10