Don't Look Up : Bagaimana Jika Armageddon Terjadi di Jaman Sekarang

14 March 2022   |   16:29 WIB
Image
Rio Firmansyah Hallo, saya Rio Firmansyah, saya menyukai dunia perfilman dan suka membuat artikel tentang film.

Like
Apa yang akan kamu lakukan ketika ada seseorang yang memberitahu bahwa ada komet raksasa yang akan menghantam bumi? Berusaha membantu menghentikan agar tidak terjadi kiamat? Hanya masa bodo karena merasa berita itu cuma hoax? Atau mencoba memanfaatkan situasi demi keuntungan pribadi dan kelompok? Yah inilah yang digambarkan dalam film Don’t Look Up yang di rilis pada tahun 2021. Mungkin banyak orang yang tidak tahu akan film ini, karena film ini tidak ditayangkan di bioskop, melainkan di Netflix. Namun karena diumumkannya Don’t Look Up menjadi salah satu nominasi Best Picture dalam ajang Academy Awards, tidak sedikit orang akhirnya mencoba untuk menonton film ini.

Drama yang menguras emosi

Don’t Look up merupakan film besutan Netflix yang disutradarai oleh Adam McKay serta dibintangi Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lawrence.  Film bergenre komedi sains fiksi ini menceritakan tentang dosen ahli astronomi, Profesor Mindy (Leonardo DiCaprio) dan muridnya, Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence), yang mendapati sebuah komet raksasa yang akan menabrak bumi. Mereka berdua berusaha memperingatkan orang-orang tentang adanya komet yang akan menghancurkan planet bumi. Namun diperjalanannya, Profesor Mindy dan Kate dibuat seperti orang bodoh karena tingkah laku orang-orang yang berusaha mereka peringatkan yang seolah-olah tidak peduli akan peringatan mereka. Dari masyarakat yang mereka coba peringatkan namun mereka malah dijadikan meme atau bahan lelucon, media yang tidak peduli atas isi dari peringatan mereka dan malah mementingkan rating belaka, hingga tingkah konyol presiden yang masa bodo dan hanya mementingkan karir politiknya

Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) (Sumber : pinterest.com)

Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) dan Dr. Randall Mindy (Leonardo DiCaprio) (Sumber gambar : pinterest)

Keduanya lama kelamaan menjadi putus asa dengan upaya mereka memperingatkan umat manusia akibat betapa bobroknya keadaan masyarakat yang ada. Walaupun akhirnya masyarakat bumi mendapatkan bukti konkrit atas adanya komet yang akan menghantam bumi , namun mereka terlambat dan hanya bisa pasrah. Mereka meneriakkan “Just Look Up”, untuk memberitahu bahwa komet benar-benar ada. Namun bodohnya lagi, masih saja ada orang-orang yang tidak mau menerima kenyataan, hingga muncullah kalimat “Don’t Look Up”, agar orang-orang tidak terpengaruh oleh orang-orang yang meneriakkan “Just Look Up

Cerita yang simpel dikemas dengan komedi satir

Film ini memiliki alur cerita yang cukup simpel dan dapat dinikmati dengan mudah tanpa harus banyak berpikir. Walaupun alur ceritanya ringan, namun bisa dibilang pesan di dalamnya sangatlah berat dan benar-benar dapat dirasakan di jaman sekarang ini. Komedi satir yang gelap di dalam film ini membuat film ini terasa sangatlah lucu, namun juga menakutkan, karena berisi seuatu yang bisa terjadi pada dunia sekarang ini. Di setiap adegannya, dari awal hingga akhir, kita diombang-ambingkan dengan kelucuan-kelucuan lelucon di dalamnya, namun juga lelucon-lelucon itu dapat membuat kita terhentak oleh kengerian realita yang ada. Selain itu sinematografi film ini juga sangat baik, karena setiap gambarnya dapat memberikan tambahan rasa emosional di setiap adegannya.

Don

Don't Look Up (Sumber gambar : pinterest)

Walaupun tidak usah diragukan lagi acting Leonardo DiCaprio dan Jennifer Lawrence, tetap akting dari mereka dalam film ini patut diacungi jempol. Karakter yang mereka bawakan benar-benar sangat apik dan bisa dirasakan ketika menontonnya. Bagaimana mereka yang terus bersabar menghadapi realita masyarakat yang tidak mau mendengarkan mereka, hingga keputus asaan mereka, itu semua sangat tergambarkan dengan sempurna dan bahkan kita bisa merasakan apa yang mereka rasakan.

Armageddon jika terjadi di jaman sekarang

Don’t Look Up berhasil menyentil realita keadaan sosial masyarakat di dunia sekarang ini, khususnya di Amerika.  Kita dapat tertawa lepas menonton film ini namun juga dapat merasa ngeri akan realita yang tergambar persis seperti di dalam film. Masyarakat yang apatis, media yang hanya mementingkan rating, politisme yang seperti panggung badut, hingga politik yang hanya mementingkan kelompok daripada khalayak banyak. Walaupun premis cerita yang dibawakan bisa dibilang cukup klise, namun dengan konflik-konflik di dalamnya yang sangat kuat dan menggambarkan betapa bobroknya masyarakat saat ini, membuat film Don’t Look Up tidak diragukan lagi sebagai salah satu film terbaik di tahun 2021.

Armageddon (Sumber gambar : pinterest)

Armageddon (Sumber gambar : pinterest)

Kenapa saya bilang film ini cukup klise karena tidak diragukan, cerita tentang kiamat oleh meteor raksasa sudah banyak diadaptasi oleh film-film sebelumnya. Dan salah satunya adalah film Don’t Look Up memiliki kesamaan dengan film Armageddon (1998) yang dibintangi oleh Bruce Willis. Walaupun begitu, film Don’t Look Up dan Armageddon memberikan gambaran bagaimana keadaan masyarakat di jamannya masing-masing. Pada film Armageddon bersetting pada tahun 90an, memperlihatkan bagaimana Amerika yang berusaha menunjukkan kepratiotismean mereka. Sekelompok orang yang berusaha menghentikan sebuah komet raksasa yang akan menghantam bumi. Pada era itu terlihat rasa patriotisme sangat ditonjolkan di dalam film. Sementara Don’t Look Up, walaupun memiliki premis yang sama tentang sebuah komet besar yang akan menghantam bumi, namun dengan eranya yang sudah sangat berbeda membuat film Don’t Look Up lebih menonjolkan realita sosial di masyarakat sekarang ini yang mana sangat menakutkan dan mengkhawatirkan.