Acara Gebyar Seni Betawi di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. (Sumber gambar: Pemprov DKI Jakarta)

5 Agenda HUT Jakarta Minggu 23 Juni 2024: Gebyar Seni Betawi hingga Light Festival

23 June 2024   |   08:13 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Semarak perayaan hari ulang tahun (HUT) Jakarta yang ke-497 masih berlanjut. Hari ini, Minggu (23/6/2024) menjadi puncak perayaan HUT Jakarta. Sederet agenda dengan beragam atraksi dan tema pun telah disiapkan oleh pemerintah provinsi (Pemprov) Jakarta, yang bisa menjadi pilihan rekreasi sekaligus hiburan bagi masyarakat.

Hari ini, akan berlangsung agenda Jakarta International Marathon (Jakim) yang akan dimulai dari Silang Barat Laut, Monas, dan berakhir di Gelora Bung Karno, Jakarta. Agenda ini akan mengajak para partisipan untuk berlari dengan berbagai kategori mulai dari 10K, half marathon, hingga marathon.

Baca juga: Daftar Destinasi Wisata di Jakarta yang Bisa Dijangkau Dengan Transportasi Umum Rp1

Selain itu, akan ada juga acara Gebyar Seni Betawi yang berlangsung selama 2 hari beturut-turut. Seperti namanya, acara ini dibuat untuk mengangkat kesenian Betawi sebagai identitas yang melekat dengan kebudayaan Jakarta.

Tak hanya itu, ada pula acara Jakarta Light Festival yang akan menampilkan atraksi video mapping dan instalasi lighting di seputar kawasan Taman Fatahillah, Kota Tua, Jakarta. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah sejumlah agenda perayaan HUT Jakarta ke-497 yang bisa Genhype nikmati hari ini.


1. Jakarta International Marathon (Jakim)

 


Setelah berhasil menggelar Jakarta Run 2023 yang diikuti oleh 12.000 peserta, Pemprov DKI Jakarta dan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) kembali mengadakan agenda lari bertaraf internasional. Tahun ini, Jakarta Run hadir dengan nama baru yaitu Jakarta International Marathon (Jakim) 2024, yang berlangsung pada hari ini, Minggu (23/6/2024).

Jakim akan dimulai dari Silang Barat Laut, Monas, dan berakhir di Gelora Bung Karno, Jakarta. Agenda ini akan mengajak para partisipan untuk berlari dengan berbagai kategori mulai dari 10K, half marathon, hingga marathon. Untuk mengikuti event ini, peserta diharuskan membeli tiket yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp400.000 sampai Rp1,05 juta. Acara ini juga kian semarak dengan penampilan spesial dari MALIQ & D'Essentials.


2. Gebyar Seni Budaya Betawi

 


Untuk merayakan HUT Jakarta ke-497, Pemprov juga menyelenggarakan acara Gebyar Seni Budaya Betawi yang berlangsung pada 22-23 Juni 2024 di Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan.

Beragam pertunjukan seni Betawi dihadirkan untuk memeriahkan acara ini seperti Tari Betawi, Gambang Kromong hingga Lenong Betawi. Selain itu, hadir juga sederet seniman kenamaan Betawi yang semakin menyemarakkan acara.


3. Jakarta Light Festival

 


Kawasan Taman Fatahillah di Kota Tua menjadi salah satu ikon di Jakarta. Khusus untuk merayakan HUT DKI Jakarta, dihadirkan satu agenda seru di kawasan wisata tersebut yakni Jakarta Light Festival. Acara yang berlangsung pada 22-23 Juni 2024 ini akan menampilkan pertunjukan video mapping dan light installation yang memukau.

Tak hanya itu, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan spesial sejumlah penyanyi dan band seperti Sigit Wardana, Hasband, Rio Adiwardhana, Annisa Nurfauzi, dan D_Cinnamons.


4. Jakarta International Kite Festival

 

Satu agenda menarik juga tidak boleh terlewat yakni Jakarta International Kite Festival. Acara yang berlangsung pada 22 Juni-7 Juli 2024 di Plaza Lagoon Ancol ini menghadirkan berbagai layang-layang dengan bentuk yang unik, hingga layang-layang super besar dari berbagai negara. Agenda ini tentunya bisa menjadi destinasi rekreasi dan hiburan yang menarik untuk keluarga.


5. Jakarta Fair Kemayoran 2024

 


Jakarta Fair alias Pekan Raya Jakarta (PRJ) kembali digelar. Tahun ini, pameran tahunan terbesar di Asia Tenggara itu berlangsung mulai dari 12 Juni hingga 14 Juli 2024 di arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Ribuan stan UMKM lokal unggulan hadir untuk memenuhi kebutuhan berbagai produk sekaligus rekreasi bagi masyarakat.

Tahun ini, gelaran PRJ diikuti oleh sebanyak 2.550 perusahaan peserta dan 1.550 stan yang menampilkan berbagai produk unggulan. Komposisi pesertanya terdiri dari 60 persen yang berasal dari sektor swasta, dan 40 persen dari sektor UMKM.

Tak hanya menghadirkan pameran beragam produk, PRJ 2024 juga kian semarak dengan sejumlah acara lainnya seperti parade karnaval, wahana permainan anak, kontes Miss Jakarta Fair, serta pesta kembang api spektakuler yang sudah menjadi ciri khas dan momen yang paling ditunggu seluruh pengunjung setia Jakarta Fair Kemayoran setiap tahunnya.

PRJ 2024 akan berlangsung selama 33 hari yakni pada 12 Juni hingga 14 Juli 2024. Pamerannya akan dibuka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu dengan jadwal yang berbeda-beda. Senin-Jumat akan dibuka pada pukul 15.30 WIB-22.00 WIB, sedangkan Sabtu dan Minggu dibuka pada pukul 10.00 WIB-22.00 WIB. Adapun, tiket masuknya dijual dengan harga mulai dari Rp40.000-Rp60.000. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Data Fakta Euro 2024 Turki vs Portugal, Line Up & Live Streaming, Kick Off 23.00 WIB

BERIKUTNYA

Cek Daftar Promo Belanja HUT Jakarta 2024 di Festival Great Sale & Jakarta Fair

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: