Perempuan sedang bercermin- (Photo by Andrea Piacquadio on Pexels)

Ketahui 4 Makanan Penyebab Munculnya Jerawat

06 May 2021   |   17:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kamu tahu enggak kalau pilihan makanan yang salah bisa memunculkan jerawat yang mungkin akan terus muncul di wajah kamu. Jerawat ini bisa meninggalkan bekas di wajah, bahkan setelah menghilang lho.

Selain faktor jenis kulit, makanan juga bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat, Melansir dari Times of India, berikut 4 makanan yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat.
.
1. Produk susu
Mengonsumsi produk susu seperti keju, yogurt berlemak jenuh, dan es krim bisa menjadi penyebab utama di balik jerawat yang meresahkan pada sebagian orang. Susu sapi mengandung asam amino yang dikatakan dapat merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang telah dikaitkan dengan perkembangan jerawat. Orang yang tidak toleran dengan laktosa juga bisa mengembangkan jerawat di wajah dan ruam di leher setelah mengonsumsi produk susu. Hati-hati ya!

2. Cokelat
Makan cokelat juga dikaitkan dengan peningkatan jerawat. Cokelat sarat yang umumnya mengandung susu, dan gula dapat membuat sistem kekebalan bereaksi kuat terhadap bakteri penyebab jerawat. Hal ini selanjutnya dapat memicu timbulnya lebih banyak jerawat di wajahmu. 

3. Makanan yang digoreng
Sudah enggak heran kalau makanan yang digoreng dikaitkan dengan penyebab jerawat. Makanan berminyak seperti kentang goreng, burger, gorengan, dan sebagainya bukan hanya dapat meningkatkan berat badan, tetapi juga dapat membuat kulit rentan berjerawat. Minyak yang terkandung dalam makanan tersebut memicu munculnya jerawat.

4. Lemak omega-6
Jika kulit kamu rentan berjerawat, sebaiknya hindari makanan mengandung lemak omega-6. Makanan ini termasuk kedelai, cornflake, minyak bunga matahari, dan kacang-kacangan. Makanan ini bersifat inflamasi dan dapat menyebabkan kulit kamu bereaksi. Hal itu bisa jadi penyebab lebih banyak produksi minyak di kulit kamu dan selanjutnya menyebabkan jerawat.

Nah, sekarang kan sudah tahu apa saja makanan penyebab jerawat. Jangan asal pilih makanan ya!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Biar Tetap Fit, Begini Olahraga Yang Pas Saat Berpuasa

BERIKUTNYA

Sudah Siap Lebaran Virtual? Simak Kiat Dekorasi Rumah ini Dulu Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: