Review Film Penyalin Cahaya

27 March 2022   |   23:50 WIB

Like
Judul : Penjalin Cahaya
Genre : Thriller, Mistery
Pemain : Shenina Cinamon, Chicco Kurniawan, Jerome Kurnia, Lutesna, Dea Pomendra 
Tahun Produksi : 2021

     Seorang mahasiswi universitas tahun pertama, Sur, pergi ke pesta untuk pertama kalinya dalam hidupnya untuk merayakan pencapaian Mata Hari, grup teater universitas tempat Sur menjadi sukarelawan sebagai perancang web. Untuk merayakan kemenangan teaternya, Suryani mengiyakan ajakan berpesta dari para senior. Keesokan pagi, dia terbangun dalam kondisi tak mengingat apapun dan harus kehilangan beasiswa karena foto unggahan dirinya yang sedang mabuk kemarin malam. Hidup benar-benar berubah untuk Sur setelah dia bangun keesokan paginya. Dia kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya setelah selfie-nya beredar secara online. Khawatir bahwa dia mungkin menjadi korban perpeloncoan oleh anggota senior Mata Hari, Sur mencari bantuan dari teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus. Bersama-sama, di toko, mereka mencoba menemukan kebenaran tentang selfie dan tentang malam di pesta dengan meretas ponsel siswa.Seorang mahasiswi universitas tahun pertama, Sur, pergi ke pesta untuk pertama kalinya dalam hidupnya untuk merayakan pencapaian Mata Hari, grup teater universitas tempat Sur menjadi sukarelawan sebagai perancang web. Untuk merayakan kemenangan teaternya, Suryani mengiyakan ajakan berpesta dari para senior. Keesokan pagi, dia terbangun dalam kondisi tak mengingat apapun dan harus kehilangan beasiswa karena foto unggahan dirinya yang sedang mabuk kemarin malam. Hidup benar-benar berubah untuk Sur setelah dia bangun keesokan paginya. Dia kehilangan beasiswa dan diusir oleh keluarganya setelah selfie-nya beredar secara online. Khawatir bahwa dia mungkin menjadi korban perpeloncoan oleh anggota senior Mata Hari, Sur mencari bantuan dari teman masa kecilnya, Amin, yang bekerja dan tinggal di toko fotokopi dekat kampus. Bersama-sama, di toko, mereka mencoba menemukan kebenaran tentang selfie dan tentang malam di pesta dengan meretas ponsel siswa.

     Film ini merupakan kejutan bagi saya. Saya tidak pernah berpikir bahwa film Indonesia bisa sebagus itu, ini adalah definisi ART, aktor baru dan cerita baru dan banyak kehebatan. Plotnya mengikuti kisah mahasiswa kolase yang kehilangan beasiswanya karena beberapa foto online dirinya. 
 
     Begitu terbangun seusai berpesta untuk merayakan kemenangan teaternya, Suryani mendapati bahwa ada seseorang yang mengunggah foto dirinya yang sedang mabuk ke sosial media hingga membuatnya kehilangan beasiswa. Suryani pun bertekad untuk  meminta bantuan temannya mengungkapkan kebenaran dan mulai menguak sebuah rahasia kelam yang disimpan rapat-rapat