Penari Topeng

06 December 2021   |   00:02 WIB
Image
Moh. Saefudin
I am a photograper

Tari topeng merupakan salah satu kesenian asli daerah Cirebon, Jawa Barat. Sesuai namanya tarian ini dimainkan dengan mengenakan topeng atau kedok sebagai aksesoris utama. Tari topeng tidak hanya menyuguhkan keindahan dalam gerak, namun juga sarat akan simbol-simbol penuh makna.<br />
<br />
Simbol-simbol ini direpresentasikan dalam bentuk topeng, jumlah topeng, hingga jumlah gamelan pengiringnya. Makna yang disampaikan dalam tari topeng meliputi nilai kepemimpinan, cinta, dan&nbsp; kebijaksanaan yang disampaikan melalui media tari.
Tari topeng merupakan salah satu kesenian asli daerah Cirebon, Jawa Barat. Sesuai namanya tarian ini dimainkan dengan mengenakan topeng atau kedok sebagai aksesoris utama. Tari topeng tidak hanya menyuguhkan keindahan dalam gerak, namun juga sarat akan simbol-simbol penuh makna.

Simbol-simbol ini direpresentasikan dalam bentuk topeng, jumlah topeng, hingga jumlah gamelan pengiringnya. Makna yang disampaikan dalam tari topeng meliputi nilai kepemimpinan, cinta, dan  kebijaksanaan yang disampaikan melalui media tari.