Sleeping Buddha Bintan

05 December 2021   |   22:49 WIB

Sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Thailand untuk melihat patung Buddha Emas Tidur karena di Bintan tepatnya di Vihara Dharma Shanti &ndash; Tanjung Uban, Bintan Utara sudah ada. Lokasi Vihara ini hanya &plusmn; 5 menit dari pelabuhan ASPD ataupun dari pelabuhan speedboat Tanjung Uban. Selain itu lokasi Vihara ini bersebrangan dengan Masjid Raya Baitul Makmur, tak hanya itu pemakamanpun berdampingan antara pemakaman muslim, pemakaman chinese dan pemakaman nasrani yang mendandakan toleransi umat beragama di sini masih sangat kuat.<br />
Patung ini diresmikan pada 19 Oktober 2019 oleh Pembimbing Masyarakat Buddha &ndash; Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan pada saat itu patung ini belum di cat emas masih dengan warna originalnya. Aslinya patung ini di beri nama &ldquo;Patung Buddha Meditasi Berbaring&rdquo; tetapi lebih terkenal dimana-mana dengan sebutan &ldquo;Patung Buddha Tidur&rdquo;.<br />
Daya tarik di sini tidak hanya Patung Buddha Tidur tetapi ada juga ornament atau relif yang di bangun berdampingan disebelah kanan dan disebelah kiri yang berwana emas juga.
Sekarang tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke Thailand untuk melihat patung Buddha Emas Tidur karena di Bintan tepatnya di Vihara Dharma Shanti – Tanjung Uban, Bintan Utara sudah ada. Lokasi Vihara ini hanya ± 5 menit dari pelabuhan ASPD ataupun dari pelabuhan speedboat Tanjung Uban. Selain itu lokasi Vihara ini bersebrangan dengan Masjid Raya Baitul Makmur, tak hanya itu pemakamanpun berdampingan antara pemakaman muslim, pemakaman chinese dan pemakaman nasrani yang mendandakan toleransi umat beragama di sini masih sangat kuat.
Patung ini diresmikan pada 19 Oktober 2019 oleh Pembimbing Masyarakat Buddha – Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Kepulauan Riau dan pada saat itu patung ini belum di cat emas masih dengan warna originalnya. Aslinya patung ini di beri nama “Patung Buddha Meditasi Berbaring” tetapi lebih terkenal dimana-mana dengan sebutan “Patung Buddha Tidur”.
Daya tarik di sini tidak hanya Patung Buddha Tidur tetapi ada juga ornament atau relif yang di bangun berdampingan disebelah kanan dan disebelah kiri yang berwana emas juga.